Melalui PPM PT Vale, Warga Sekitar PLTA Akan Nikmati Air Bersih Tanpa Beli Lagi

Daerah162 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Kabar gembira bagi masyarakat yang tinggal di Pakumanuk, sebuah wilayah pemukiman warga di wilayah penghasil listrik terbesar di Kabupaten Luwu Timur. Kabarnya, akan menikamti Air Bersih tanpa beli lagi.

Hal ini terungkap saat Penalutim.com menerima informasi dari warga sekitar.

“Alhamdulillah, kami warga di Pakumanu tentu merasa senang dan gembira sejak kedatangan tim eksternal PT Vale membahas terkait pengadaan Air Bersih di tempat kami tinggal ini, ya kami berharap agar Air Bersih tersebut bisa kami rasakan dan nikmati juga seperti di wilayah lainnya. Harapannya ya tahun ini Terealisasi”, kata salah satu warga Pakumanu kepada Penalutim.com, Rabu (15/2/2023).

Selain menerima informasi dari warga sekitar, Penalutim.com juga menerima informasi dari tim PPM PT.Vale saat dikonfimrasi melalui pesan WA kepada  Senior Manager Social Development Program PT Vale Indonesia Tbk, Ardian Indra Putra.

“Seingat Saya, ini sudah masuk usulan di MAD kawasan untuk menunjang perkebunan di sana, dan saat ini kami dalam proses plan assessment. Terkait harapan warga sekitar agar Air Bersih tersebut terealisasi tahun ini, Amin YRA”,ungkap Ardian kepada Penalutim, Selasa (15/2/2023).

Sekedar informasi, Pakumanuk adalah salahsatu wilayah pemukiman warga yang berada di wilayah pemerintahan Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur. Warga yang tinggal di wilayah ini untuk bertahan hidup mengandalkan hasil kebun, menjadi buruh, buruh kebun, buruh perusahaan dan adapula yang berdagang.

Di Wilayah ini ada 2 Pembangkt Listrik Tenaga Air (PLTA) Milik PT Vale digunakan sebagai operasional tambang Nikel dan sebagai penerang Kabupaten Luwu Timur, yang telah beroperasi puluhan tahun. Namun hingga saat ini warga sekitar menikmati Air Bersih harus Beli.

 

Penulis : Mujur

Editor : Redaksi

Foto : Mujur