by

Bupati Luwu Timur Buka Bimtek Aplikasi Siskeudes dan Launching Aplikasi Periksa Ki

-Daerah-12 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Siskeudes bagi Sekretaris Desa dan KAUR Keuangan se-Kabupaten Luwu Timur yang sekaligus juga melaunching Klinik Konsultasi dan Aplikasi “Periksa Ki” Inspektorat Kabupaten Luwu Timur, di Makassar, Senin (20/06/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Budiman mengatakan, Bimtek aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.4 ini sangat penting yang sejalan dengan peraturan Perundang-Undangan, karena merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan BPKP.

Aplikasi Siskeudes, kata Budiman, merupakan aplikasi resmi pemerintah yang merupakan alat bantu dalam pengelolaan keuangan desa berbasis sistem informasi yang bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan Siskeudes online dan berharap semua pemerintah desa menggunakan aplikasi Siskeudes online versi 2.0.4 agar kinerja lebih efisien dan efektif,” jelas Bupati Luwu Timur.

Terkait dengan aplikasi “Periksa Ki” milik Inspektorat Kabupaten Luwu Timur, Bupati Budiman menjelaskan bahwa, aplikasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran Inspektorat melalui layanan konsultasi yang mempunyai manfaat yaitu meningkatnya kualitas hasil konsultasi yang diberikan Inspektorat kepada seluruh perangkat daerah, desa dan juga memudahkan dalam mendapatkan layanan konsultasi dari Inspektorat.

Masih kata Bupati Luwu Timur, kehadiran aplikasi “Periksa Ki”, juga sekaligus pelengkap fungsi Inspektorat sebagai consulting activities. Perlu diketahui bersama, Inspektorat sebagai APIP memiliki peran yaitu sebagai consulting dan Assurance (fungsi penjaminan) dalam tata kelola pemerintahan.

“Sebagai consulting, saya harapkan Inspektorat dapat memberikan layanan konsultasi terkait perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, manajemen aset daerah dan tata kelola dana desa,” tandas Budiman.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kajari Luwu Timur, Muhammad Zubair, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Dr. Lutfi, Inspektur Kabupaten Luwu Timur, Salam Latif, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Halsen, Tim Pengembangan dan Penerapan Aplikasi Siskeudes Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Direktur Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD), dan para narasumber Bimtek Aplikasi Siskeudes online versi 2.0.4.

 

Sumber : Wartalutim

Editor : Redaksi

Foto : Wartalutim

News Feed