Hadir Di Sorowako, Panti Sehat Tawarkan Pengobatan Tradisional

Pena Ekonomi92 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sebagai salah satu komitmen perusahaan dalam mengubah sumberdaya alam untuk kesejahtaraan dan pembangunan berkelanjutan, PT Vale Indonesia Tbk melalui program PPM terus mengembangkan program Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) Herbal dengan menghadirkan Panti Sehat di Sorowako, Luwu Timur.

Panti Sehat yang merupakan tempat pelayanan kesehatan tradisional empiris pertama di Luwu Timur ini bertujuan untuk membuka layanan konsultasi kesehatan dan pengobatan tradisional berbasis herbal yang aman dan bermanfaat.

Selain itu Panti Sehat juga sebagai wadah bagi para penggiat herbal yang tergabung dalam Himpunan Penggiat Herbal (HIPHO) untuk menyalurkan bakat dan mengaplikasikan ilmu pengetahun tentang herbal.

Dokter Rianti, Pelatih UKBM Herbal menjelaskan bahwa tenaga herbal yang akan melakukan praktek di Panti Sehat ini sudah dibekali keterampilan mengenai pengobatan tradisional pijat refleksi dan ramuan herbal yang sesuai dengan penyakit klien.

“Para penggiat herbal telah diberikan pendidikan nonformal oleh PT Vale dan dibina oleh Dinas Kesehatan. Mereka juga telah mendapatkan pelatihan herbal dasar, penyehat tradisional, training of trainer, serta telah memiliki sertifiikat sebagai penyehat tradisional,” jelas Rianti dalam acara Soft Launching Panti Sehat yang berlokasi di samping Gallery Kareso Anatowa, Sorowako, Luwu Timur (depan Akademi Teknik Sorowako), Selasa (7/6/2022).

Di Panti Sehat, klien (sebutan untuk pasien yang datang berobat) bisa mendapatan layanan berupa konsultasi kesehatan, pijat refleksi, ramuan herbal dalam bentuk simplisia ataupun diseduh, dan juga berbagai minuman herbal kemasan.

Adapun, konsep pelayanan kesehatan tradisional yang diterapkan di Panti Sehat yaitu penyehatan dilakukan dengan pendekatan holistik (menyeluruh) dan menggunakan pendekatan alamiah, yang bertujuan untuk menyeimbangkan kembali antara kemampuan adaptasi dengan penyebab gangguan kesehatan.

Panti Sehat yang sudah mendapatkan dukungan dari Dinas Kesehatan Lutim tersebut dibuka setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, mulai pukul 08.00 – 16.00 WITA.

Nurbaya, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Lutim mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh kehadiran Panti Sehat di Sorowako dan sudah dalam proses penerbitan legalitas tempat maupun tenaga penggiat herbal yang akan praktek. “Kami sangat terbantu dengan apa yang diadakan oleh PT Vale ini. Menurut kami adanya Panti Sehat ini bukan yang pertama di Sorowako, tetapi mungkin yang pertama di Luwu Timur atau bahkan di Sulawesi,” ungkapnya.

Senior Manager Social Development Program PT Vale, Ardian Indra Putra juga turut menyampaikan terimakasihnya atas sinergi yang terbangun dengan baik antara PT Vale, Dinkes Lutim, dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam merealisasikan Panti Sehat di Sorowako. “Pelayanan kesehatan di Panti Sehat ini merupakan layanan kesehatan tradisional empiris yang dilakukan dengan menggunakan bahan alam, teknik manual, teknik olah pikir, dan teknik energi serta dapat menggunakan alat dan teknologi sesuai dengan ciri khas pelayanan kesehatan tradisional empiris. Dengan demikian metode pengobatan tradisional ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin beralih dari obat-obatan kimia ke obat herbal,” ujar Ardian.

 

Sumber : Ayu

Editor : Redaksi

Foto : Ayu