by

Ini Peran Bumdesma Dalam Pengelolaan Aset Program PKPM PTVI

Penalutim.com, Luwu Timur – Salah satu kunci keberhasilan program adalah adanya sistem pengelolaan yang mengatur seluruh aktivitas program atau kegiatan. Untuk dapat menentukan sistem pengelolaan diperlukan kelembagaan seperti Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) yang dapat membentuk sistem, sehingga mampu menjamin kebermanfaatan ataupun keberlanjutan program.

Seperti halnya Program PPM-PKPM PT Vale yang kini memasuki tahun kelima, dan telah melaksanakan beberapa program pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) Ekonomi, serta pengadaan alat di sektor Pertanian seperti mesin combine, handtractor, dan lain sebagainya.

Denny Patandung selaku PIC Bumdesma mengatakan bahwa untuk memastikan pengelolaan sarpras dilakukan secara tepat, maka pengelola diberikan pendampingan. “Dalam kegiatan pendampingan, pengelola diberikan penguatan kapasitaas terkait kesiapan administrasi, Permakades, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART), dan Standar Operasional Prosedur (SOP),” papar Denny dalam kegiatan Pendampingan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Program yang digekar di sekretariat TKK PPM kabupaten, Malili, Selasa (26/04/2022).

Denny juga menekankan pentingnya kahadiran Bumdesma sebagai lembaga ekonomi kawasan yang akan mengelola dan mengembangkan aset program yang ada di kawasan. “Oleh Karena itu penyiapan legalitas dan administrasi lainnya harus dilakukan. Hal ini seiring dengan adanya regulasi dari Kementerian terkait status Bumdes dan Bumdesma sebagai lembaga ekonomi baru di desa maupun kawasan,” tuturnya.

Dalam waktu dekat pengadaan mesin panen combine sebanyak 2 (dua) unit dan handractor sebanyak 4 (empat) unit juga akan direalisasikan PT Vale di kawasan penunjang Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Malili. Nantinya, alat mesin pertanian (alsinta) tersebut juga akan dikelola oleh Bumdesma Pola desa Pongkeru, kecamatan Malili.

Sebagai informasi, irigasi sistem Pemompaan yang merupakan salah satu program PPM-PKPM juga telah dimanfaatkan petani di Kawasan tersebut.

 

Penulis/Editor : Risal Mujur

Foto : Redaksi

 

News Feed