Diserbu Masyarakat, Filem Selimut Kabut Rongkong Berhasil Perkenalkan Tanah Luwu di Dunia Internasional

Daerah267 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Gala priemer film Selimut Kabut Rongkong ramai diserbu masyarakat Luwu. Pasalnya dalam penayangan perdananya siang tadi di Platinum Cinepleks City Market Palopo sekitar 960 tiket telah habis terjual.

Dalam gala priemer tersebut turut dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, yakni walikota Palopo, HM Judas Amir, Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman dan Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur.

Kehadiran beberapa pejabat daerah tersebut turut menambah kesan apresiasi pemerintah terhadap industri krearif daerah yang berceritakan tentang budaya lokal dan realita social Tana Rongkong.

Fujianto Manati selaku producer menjelaskan bahwa film ini sudah digarap dua tahun lalu dan awalnya dipersiapkan untuk ikut serta dalam festival film internasional.

“film ini telah mengelilingi 36 negara, dan berhasil mendapatkan sebanyak 3 kali penghargaan” ujar fuji, kamis (4/7/2022).

lanjut Fujianto juga menerangkan bahwa film ini ditayangkan bukan sekedar untuk memberikan gambaran tentang masyarakat Rongkong, tetapi melalui film ini diharapkan bisa memantik kreatifitas anak muda di tana Luwu yang kaya ini.

HM Judas Amir juga memberikan apresiasi kepada film selimut kabut rongkong tersebut karena telah mampu memperkenalkan Tanah Luwu di dunia internasional melalui 3 penghargaan yang didapatkan.

“filmnya bagus dan kreatifitas seperti ini harus didukung, kami harap akan muncul lagi kreatiftas anak muda Tana Luwu yang membanggakan daerahnya, semoga inu bukan yang terakhir, tapi awal munculnya ide-ide cemerlang dari anak muda Tana Luwu” terang Judas dalam sambutannya.

Wakil bupati Luwu Utara, Suaib Mansur juga merasa senang dan mengapresiasi terbitnya film ini yang telah memperkenalkan Tana Luwu di Dunia internasional.

“film ini menceritakan apa yang terjadi di rongkong, selain itu banyak pesan moral yang dapat diambil dari tayangan film ini. Tentang bagaimana menjaga tanah hulayat yang menjadi warisan leluhur yang menjadi rebutan.

“tenun Rongkong ini merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya, sebab tenun itu hanya bisa dijumpai di Rongkong, Luwu Utara” imbuhnya.

 

Penulis : Mahfudz (Alumni Sekolah Literasi Inpiratif)

Editor : Redaksi

Foto : Mahfudz