by

Bupati Luwu Timur Launching Program Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

-Daerah-15 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, H. Budiman secara resmi melaunching program Vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun se-Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di SDN 221 Batu Merah, Kelurahan Malili, Kecamatan Malili, Senin (10/01/2022).

Launching Vaksinasi Covid-19 khusus untuk anak SDN tersebut turut dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Luwu Timur, Sekda, H. Bahri Suli, Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur, Hj. Harisah Suharjo, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty beserta jajaran, Ketua Bhayangkari Polres Luwu Timur, Gretty Silvester beserta jajaran, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, Kepala Sekolah, Guru-Guru, dan para orang tua anak yang akan mengikuti program vaksinasi tersebut.

Kegiatan diawali dengan penampilan tarian Dua Arah yang dibawakan oleh tiga orang siswi SDN 221 Malili yang bertemakan Kepekaan Anak Terhadap Lingkungan Sosial Dalam Kehidupan Kesehariannya Sebelum Masa Pandemi dan Di Masa Pandemi. Tarian ini telah meraih juara 1 dalam ajang FLS2N di tingkat Kabupaten Luwu Timur pada tahun 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengucapkan terima kasih sekaligus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas komitmen dan peran aktif seluruh elemen terkait, jajaran Forkopimda, PKK, dan seluruh organisasi masyarakat yang telah membantu Pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran virus covid-19.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua yang dipimpin langsung bapak Kapolres Lutim, hari ini berdasarkan KPCPEN vaksin kita sudah 79 persen dalam beberapa bulan. Insya Allah kita target 2 bulan kedepan kita sudah 100 persen,” harap Bupati Luwu Timur.

Alumni SDN 221 Batu Merah Malili tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada para organisasi Perempuan Kabupaten Luwu Timur diantaranya PKK, DWP, Bhayangkari, Persit Kartika Candra Kirana dan lain-lain yang telah mendukung program vaksin ini.

“Berkat peran luar biasa dari ibu-ibu ini capaian vaksin kita sudah 79 persen, termasuk hari ini dimana anak-anak kita yang mau ikut vaksin juga berkat peran ibu-ibu di rumah yang memastikan bahwa vaksin ini halal, berkualitas, dan aman,” tutur Budiman.

Bupati Budiman juga mengungkapkan bahwa, di Sulawesi Selatan ini, kabupaten yang diperbolehkan untuk melaksanakan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun hanya Luwu Timur, Luwu, Luwu Utara, Soppeng, Toraja Utara dan Kota Palopo. “Tidak semua Kabupaten dibolehkan, ada beberapa persyaratan yang harus dilalui. Alhamdulillah, dari 24 kabupaten/kota, hanya 6 saja dan salah satu diantaranya ialah Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Bupati yang disambut tepuk tangan.

“Kita berharap bahwa vaksin untuk anak-anak sekolah ini dapat selesai dalam waktu 1-2 bulan kedepan. Tentu harapan ini tidak muluk-muluk karena seluruh infrastruktur, kebijakan, Forkopimda mendukung itu semua sehingga tidak perlu ragu untuk mengambil langkah-langkah, jika ada hal-hal hendaknya dikoordinasikan dengan baik. Termasuk saya titip kepada Ketua Komite, Dewan Pendidikan dan para Camat untuk bersama-sama mensukseskan vaksinasi ini dan bagaimana kita melindungi generasi kita terutama anak-anak kita yang usia 6-11 tahun,” pesannya.

Diakhir sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menutupnya dengan sebuah pantun. “Bunga Mawar Harum Mewangi, Melalui Vaksin Anak Luwu Timur Terlindungi Menghasilkan Generasi Sehat dan Hebat,” sebutnya yang juga disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Timur, Drs. La Besse dalam laporannya mengungkapkan bahwa, jumlah anak SD se-Kabupaten Luwu Timur ialah 30.360 orang dari 165 sekolah (154 SD Negeri dan 11 SD Swasta).

Dari 30.360 orang anak SD tersebut, lanjut La Besse merincikan, ada 96 orang yang telah di vaksin dengan sukarela bersama dengan orang tuanya. “Insya Allah, hari ini ada 320 anak yang siap divaksin yang merupakan utusan dari 22 SDN dan Swasta se-Kecamatan Malili,” tambah La Besse.

La Besse juga mengatakan bahwa, sebelumnya di tingkat SMP, pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi kepada 10.524 anak yang sasarannya kepada 11.020 orang atau setara dengan 96 persen. “Sekitar 490 anak yang belum di vaksin karena rata-rata umur mereka belum sampai 12 tahun. Semoga vaksin umur 6-12 tahun ini mereka juga sudah bisa di vaksin walaupun mereka sudah duduk di bangku SMP,” tandas La Besse.

Usai sambutan, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama dengan Forkopimda menyaksikan penekanan tombol yang secara bersama dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty dan Ketua Bhayangkari Polres Luwu Timur, Gretty Silvester. Selanjutnya pelepasan Balon ke udara yang dilakukan oleh Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora. Dan terakhir menyaksikan penyuntikan vaksin kepada 5 perwakilan anak.

 

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed