Sinergi Pemda Bersama PT Vale Bina UMKM Luwu Timur

Pena Ekonomi136 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Kedepan PT Vale bersama pemerintah akan terus bersinergi mendorong pelaku-pelaku UMKM untuk memaksimalkan ketersediaan potensi-potensi lokal sesuai dengan tema kawasan suatu daerah.

Hal ini disampaikan saat menjadi narasumber dalam kegiatan seminar UMKM “Penguatan Kelembagaan UMKM dan Ekonomi kreatif” yang diselenggarakan oleh KKN TEMATIK UNANDA di BCC BARUGA Kecamatan Malili, Luwu Timur, Jumat (07/01/2022).

Menurut Senior Manager SDP Vale, Ardian Indra Putra di Luwu Timur telah ada pemetaan terkait ekonomi kawasan yang sebisa mungkin komoditi yang dihasilkan sesuai dengan potensi di kawasan. Seperti masyarakat daerah pesisir dengan potensi baharinya, pegunungan dengan potensi pertanian dan wilayah-wilayah yang punya akar historis kebudayaan yang kuat.

enior Manager SDP Vale, Ardian Indra Putra

“kami akan terus mendorong pelaku UMKM agar memaksimalkan ketersediaan potensi lokal yang ada, tentu saja sebisa mungkin komoditi yang dihasilan itu sesuai dengan potensi ekonomi kawasannya” tutur Ardian

Untuk mendukung kebijakan ini, pemerintah bersama PT Vale dan pelaku usaha akan terus memberikan pendampingan bagi UMKM yang masih dalam tahap pemula, penguatan sampai pada tahap mandiri dengan terus mengevaluasi kapasitas produksi, omset, karyawan, jejaring pasar dan nilai tambah sehingga bukan hanya mengupayakan meningkatkan jumlah pelaku usaha tetapi juga peningkatan kualitas UMKM masyarakat sehingga bisa mandiri.

Senfry juga mengatakan “untuk saat ini sudah ada 126 UMKM yang kami sudah fasilitasi, selain melakukan pembinaan dan pendampingan kami juga melakukan pelatihan kewirausahaan, pelatihan sentra IKN, dari tahun 2016-2021 totalnya sudah ada 520 UMKM dan ini akan terus berlanjut sampai tahun 2022” imbuhnya.

Kegiatan ini turut pula dihadiri oleh sekretaris Dinkes Lutim Andi Tulleng ,S.km, M.kes, dosen fakultas Hukum Unanda Dr. Haedar Djidar S.H.,MH. KADIS Dakop-UMKM Lutim Senfry Octovianus, sekretaris DPMPTSP Lutim Hariyadi Hamid ,S.STP, Senior Manager SDP Vale Ardian Indra Putra dan perwakilan UMKM.

 

Penulis : Mahfudz (Kader Sekolah Literasi Inspiratif)

Editor : Redaksi

Foto : Mahfdz