PT Vale Dukung Penuh Pengembangan Pertanian Organik di Luwu Timur

Pena Ekonomi63 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan bahayanya penggunaan bahan kimia dalam bidang pertanian, ternyata membuka peluang besar bagi para petani organik. Pasalnya, teknik budidaya dalam pertanian organik dinilai mempunyai manfaat ekologis yang lebih baik dibandingkan dengan pertanian non organik. Selain itu, pertanian jenis ini juga mampu memperbaiki mutu lahan dan dapat menjaga kesehatan tubuh dari residu pestisida kimiawi.

Berangkat dari hal tersebut PT Vale Indonesia (PTVI) yang juga memiliki visi dan misi menghargai bumi dan masyarakat, memberi dukungan penuh terhadap pengembangan pertanian organik di Luwu Timur melalui program pendampingan yang sudah berjalan selama tujuh tahun. Hal ini disampaikan Direktur Hubungan Eksternal, Endra Kusuma dalam acara Lokakarya Petani Organik Focus Group Discussion Dan Perumusan Komitmen Bersama di Gedung Ontae Luwu, Jumat (7/1/2022).

“Program pendampingan pertanian organik alhamdulillah telah berlangsung hampir 7 Tahun. Hal ini menandakan adanya konsistensi dari semua Pihak. Dari Sisi PT Vale, dukungan pengembangan pertanian organik berwawasan ekologis ini mencerminkan keselarasan dengan visi, misi dan nilai perusahaan yang menghargai bumi atau planet dan masyarakat. Di balik kegiatan operasional yang ekstraktif namun PT Vale tetap memperhatikan keberlanjutan pembangunan,” ungkap Endra dalam sambutannya.

Untuk itu Endra menjelaskan, bahwa kegiatan Lokakarya Petani Organik ini merupakan wujud kemitraan dan koordinasi antara petani, tokoh masyarakat, petugas pertanian, perangkat desa atau kelurahan hingga pemda kabupaten Luwu Timur bersama PT Vale Indonesia.

“Pertanian organik merupakan program yang sangat kami banggakan. Selain itu kami juga ingin mengapresiasi atas pencapaian panen pada musim ini yang membukukan 7,8 Ton gabah. Hal ini jauh meningkat dari musim sebelumnya yang rata-rata hanya 6,6 Ton. Dengan rata rata omset mencapai Rp 27 juta per musim,” tambah Endra.

Ke depan Endra berharap distribusi beras organik bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan mampu menyuplai kebutuhan makanan karyawan PT Vale yang menurut perhitungan sementara kebutuhannya mencapai 11 Ton/Bulan. Selain itu di tahun 2022 juga sedang dipersiapakan produk untuk masuk ke pasar retail.

“Kami berharap pengembangan dukungan Kerjasama seperti dengan Patra (penyedia catering karyawan) melalui peningkatan serapan, dengan Koperasi karyawan dan jejaring mitra perusahaan, termasuk mendorong kembali pembelian oleh ASN/PNS di Pemda Luwu Timur dan masyarakat luas. Saat ini program memiliki pemasaran satu pintu di galeri kareso yang diantarnaya terhubung dengan jejaring hotel dan ritail di Sulawesi selatan,” harap Endra.

 

Penulis : Ayu

Editor : Redaksi

Foto : Ayu