by

Jalin Komunikasi Dengan Stakeholder, PT Vale Gelar Kelas Inspirasi ‘Dialog Terbuka’

Penalutim.com, Luwu Timur – Sukses dalam kegiatan Kelas Inspirasi Serial menghargai bumi dan masyarakat, KKN Tematik Universitas Andi Djemma (UNANDA) bersama PT Vale Indonesia Tbk. kembali menggelar  Kelas Inspirasi Dengan Serial Implementasi Dialog Terbuka Dan Mendengarkan Masyarakat, Jumat (24/12/2021). Kegiatan dilakukan secara hybrid di Coaster Camp Security Service PT Vale Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Busman DS, Direktur  Security Service, Yusri Yunus, Manager Pemangku Kepentingan PT Vale Indonesia Tbk,  Chandra Kirana, Aktivis Sosial dan Lingkungan dari Yayasan Sekar Kawung, dan Doktor Abdul Rahman, Koordinator Dosen Pendamping KKN Tematik.

Dalam speech-nya Abdul Rahman menyampaikan apresiasi kepada PT Vale  yang telah membekali dan memfasilitasi  dukungan atas terselenggaranya kegiatan kelas inspirasi ini.

“Kegiatan ini memberikan inspirasi  kepada kami bagaimana perusahaan tambang extractive mampu membangun harmonisasi dengan baik bersama pemangku kepentingannya di tengah dinamika yang berkembang saat ini khususnya di industri pertambangan,” ucapnya.

Mahasiwa kami, lanjutnya, yang sedang melakukan  KKN  Tematik ini akan banyak belajar bagaimana insteraksi sosial dan lingkungan yang akan dihadapi setelah mereka meninggalkan bangku perkuliahan nanti.
Sementara itu Busman DS  juga turut menyampaikan apresiasinya dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa. Menurutnya ada tiga tips yang dapat dijadikan bekal bagi mahasiswa. Pertama adalah bangun gagasan yang inovatif, kedua perkuat kompetensi dan skill, ketiga perkuat hubungan baik dan produktif dengan berbagai kalangan (koneksi).

Selain itu, Yusri Yunus juga berbagi pengalaman tentang bagaiman keluar dari zona nyaman dengan terus belajar dan menghadapi tantangan di dunia kerja. “Pola hubungan komunikasi dengan pemangku kepentingan terus dijaga dengan mengkomunikasikan kepentingan perusahaan kepada masyarakat dan begitupun sebaliknya dalam kerangka pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Tak kalah menarik Chandra Kirana yang akrab disapa Mbak Kiki ini juga memberikan gagasan tentang bagaimana kearifan lokal, kebudayaan dan potensi biodiversity sebagai landasan pembangunan berkelanjutan, basis data dengan  mendokumentasikan simpul antara biodiversiti dan budaya di suatu tempat, membangun ‘value-chain’ dengan warisan sumberdaya alam dan budaya lokal.

Laode Muhammad Ichman selaku Host dalam kegiatan tersebut menutup kegiatan dengan menyampaikan bahwa belajar bersama merupakan implementasi dari nilai-nilai PT Vale untuk terus meningkatkan kehidupan dan masa depan yang lebih baik. “Mendengarkan dan melibatkan masyarakat luas secara aktif merupakan kunci perilaku yang wajib dilaksanakan oleh seluruh karyawan di PTVI . Semoga ini menjadi inspirasi bagi semua pihak dan terus berubah kearah yang lebih secara bersama,” tutup Ichman.

 

Penulis/Editor : Red/Khafid

Foto : Redaksi

News Feed