Lada Luwu Timur, PT Vale : Setiap Tahun Terjadi Penurunan Kualitas

Pena Ekonomi91 views

Penalutiim.com, Luwu TimurSenior Koordinator for Social Development PT. Vale Tbk, Laode Muhammad Ichman mengatakan, Lada Luwu Timur dalam setiap tahun terjadi penurunan kualitas produk. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan Good Agriculture Practice (GAP) di Tingkat Petani dan penanganan pasca panen yang baik (Good Handling Practice). 

Demikian disampaikan Ichman dalam acara Sharing Session: Menjadi Petani Milenial Unggul, yang diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andi Djemma Palopo bekerjasama Pemda Luwu Timur dan PT. Vale Indonesia di Aula Serbaguna Desa Tokalimbo, Kecamatan Towuti, Sabtu (11/12/2021).

Dalam paparannya Ichman menyebutkan contoh penggunaan pestisida dan herbisida yang berlebihan sehingga berdampak pada penurunan kesuburan tanah, serta cara perendaman yang dilakukan di area Sungai yang berpotensi kontaminasi dari bakteri seperti E. Coli dan Salmonella.

Selain itu, Ichman juga mengatakan bahwa dalam 3 tahun terakhir, produksi Lada di Luwu Timur mengalami penurunan produksi yang juga dibarengi dengan penurunan harga di tingkat petani.

“Penurunan harga ini terjadi disebabkan berbagai faktor. Pertama, adanya permainan harga di tengkulak. Kedua, penurunan kualitas produk seperti yang dipaparkan tadi. Ketiga, adanya rebadge produk Lada Luwu Timur menjadi produk Lada Muntok, padahal Lada Luwu Timur sudah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (IG)” jelasnya.

 

Penulis : Adenin (Kader Sekolah Literasi Inspiratif)

Editor : Redaksi

Foto : Netizen