by

Pemkab Lutim Gelar Rakor Persiapan Mengikuti EXPO HARKOPNAS Ke-74

Penalutim.com, Luwu Timur – Dalam rangka mengikuti pameran EXPO peringatan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) Ke-74 Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai tanggal 10-11 Desember 2021 mendatang, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar rapat koordinasi OPD.

Rakor yang membahas terkait persiapan Kabupaten Luwu Timur mengikuti Expo tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Dagkop UKM, Dra. Rosmiyati Alwy, di Ruang Kadisdagkop UKM, Rabu (24/11/2021).

Kepala Dinas Dagkop UKM, Dra. Rosmiyati Alwy memberikan penjelasan terkait dasar surat rencana mengikuti kegiatan Expo Harkopnas di Sinjai tersebut, sekaligus memberikan gambaran acara yang akan diikuti, di antaranya adalah mengikuti kegiatan expo dan gerak jalan santai, serta acara inti yakni pada tanggal 11 Desember diadakan upacara puncak peringatan Harkopnas.

Beliau juga menjelaskan bahwa, sehubungan dengan tujuan mengikuti Expo tersebut untuk memperkenalkan potensi masing-masing daerah, maka diinisiatipkan untuk mengundang bebarapa OPD yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan Expo/Pameran.

“Selain OPD, juga sangat diharapkan kesediaan Koperasi karyawan PT. Vale Sorowako untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan membawa misi utama sebagai koperasi yang berbasis digitalisasi,” tutur Rosmiyati Alwy.

Dalam rapat tersebut, hadir masing-masing OPD yang memiliki tanggungjawab terkait pameran antara lain ;

Dinas Disdagkop UKM sebagai leading sektor utama dengan menyiapkan bahan-bahan produk UKM di antaranya ; Kripik pisang tanduk, Kripik tempe, Kacang tenteng, Olahan ikan pangkilang, Sambal lombok, dan Kripik ubi.

Dinas pariwisata menangani masalah desain both pameran serta segala bentuk promosi kepariwisataan.

Dinas kelautan, Perikanan dan Pangan, selain memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan segala perlengkapan both pameran, juga mempersiapkan produk unggulan yang berkaitan dengan olahan kelautan, perikanan dan ketahanan pangan.

Dinas Perindustrian mempersiapkan hasil kerajinan industri.

Dinas PMPTSP mempersiapkan data-data penanaman modal/investasi serta yang berkaitan dengan perizinan.

Dinas Kominfo mempersiapkan tampilan media tentang pelaksanaan kegiatan Harkopnas serta media informasi tentang Kabupaten Luwu Timur.

Sementara Dinas Pertanian pada rapat ini belum sempat di undang namun di harapkan agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut untuk membawa misi pertanian khususnya lada dan beras orgnik Luwu Timur.

Diakhir rapat tersebut, Romiyati Alwi kembali mengingatkan bahwa rapat pemantapan persiapan mengikuti pameran Expo tersebut akan digelar kembali pada hari Rabu tanggal 1 Desember 2021.

 

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed