by

Usir Hama Padi, Dinas Pertanian Lutim Gelar Aksi ‘FERMEN HATI’

Penalutim.com, Luwu Timur – Dinas pertanian Kabupaten Luwu Timur menggelar aksi FERMENtasi urin sapi sebagai repellent (pengusir) HAma TIkus  ( FERMEN HATI ) pada tanaman padi. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua desa yang jadi lokasi khusus (lokus) yakni Desa Lumbewe di Kecamatan Burau dan Desa Lera Kecamatan Wotu, pada Selasa (21/09/2021) yang diikuti oleh 10 orang anggota kelompok Tani di masing-masing Desa.

Kegiatan FERMEN HATI ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, Amrullah Rasyid didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Darfan Husain dan dihadiri oleh para Koordinator BPP Wotu dan Burau serta para kelompok Tani.

Menurut Kadis Pertanian, Amrullah Rasyid, Aplikasi FERMEN HATI bertujuan sebagai pengusir hama tikus dan juga sebagai pupuk kompos organik. Program ini merupakan aksi perubahan pengendalian hama yang ramah lingkungan karena bahannya terbuat dari bahan yang ada di lingkungan sekitar masyarakat antara lain urin sapi, kunir, jahe, laos, temu ireng, air gula dan bakteri pengurai serta aerator sebagai motor.

“Jadi tujuan utama dari program ini adalah membangun kolaborasi antara kelompok peternak dan petani dalam kegiatan pertanian ramah lingkungan yg bernilai ekonomis. Oleh karena itu, diharapkan nantinya akan menjadi ajang kolaborasi pertanian berkelanjutan antara kelompok peternak dan kelompok petani,“ tandas Amrullah.

Penulis : Redaksi

Editor : Ning Rahayu

Foto : Diskominfo

News Feed