by

Sosialisasi “City Branding Lutim Inspiring” Mendapat Komentar dari Pendiri Penalutim

-Daerah-250 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Dinas Komunikasi dan Informatika Luwu Timur (Diskominfo Lutim) gelar Sosialisasi Kegiatan Penyelenggaraan Hubungan Masyarakat, Media Dan Kemitraan Komunitas dengan tema “Peran Strategis Media dan Komunitas Masyarakat dalam Penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah,” acara tersebut dilaksanakan di Aula Media Center  Diskominfo Lutim, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh puluhan wartawan dan komunitas masyarakat Luwu Timur, peserta diberikan materi tentang Peran Pers dalam Penyebarluasan Informasi yang Berkualitas dibawakan oleh Asdhar yang merupakan salahsatu wartawan senior di Sulawesi Selatan, kemudian Materi kedua City Branding Luwu Timur Inspiring dibawakan oleh Hairil Al Fajri yang merupakan Inisiator Luwu Timur Inspiring dan Direktur Macca Indonesia Foundation MIND.

Asdhar memaparkan dalam materinya, tentang peran Pers, Kode Etik Jurnalis, Teknik peliputan dan Teknik penulisan berita kepada puluhan wartawan Luwu Timur. Sementara Haeril dalam materinya, memaparkan tentang arti dari Luwu Timur Inspiring. Selain itu, ia juga mengajak kepada para Wartawan dan Komunitas masyarakat Luwu Timur untuk berkolaborasi mewujudkan Luwu Timur Inspiring dengan mencari mengolah dan menyebarluaskan informasi yang berkualitas tentang Kabupaten Luwu Timur.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah wartawan Luwu Timur yang hadir menyambut dengan baik atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Lutim ini. Selain itu, mereka juga berterimakasih kepada para pemateri yang berkompeten mengisi kegiatan ini. Menurutnya, selain sebagai wadah silaturahmi juga materi yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi para peserta.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Diskominfo Lutim yang telah menggelar kegiatan ini dan mengundang kami. Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami para Wartwan Luwu timur bisa menjalin silaturahmi. Pematerinya juga benar-benar menambah pengetahuan dan mengingatkan kami tetang peran dan fungsi kami di dunia Jurnalis,” tutur  Risal Mujur, Pendiri Penalutim.com, Rabu (89/9/2021).

Selain Itu, Mujur sapaan akrabnya juga mengomentari terkait City Branding Luwu Timur Inspiring. Menurut Mujur, Konsep ini sangat bagus, namun ini agak sulit diwujudkan jika di Kabupaten Luwu Timur ini diketahui bahwa banyak tambang besar yang mengolah dan mengeruk SDA Luwu Timur namun tingkat penganguran, kemiskinan anak putus sekolah di wilayah operasional perusahaan tambang ini masih banyak. Khususnya di wilayah permberdayaan Perusahaan asing dari Brasil yakni PT.Vale. Ini yang menjadi PR kita bersama, bukan hanya pemerintah, namun semua pihak, masyarakat, Pers, LSM, komunitas masyarakat, perusahaan terkait dan pemerintah agar hal ini bisa teratasi, tambahnya.

Lebih Lanjut, Mujur memaparkan kepada Penalutim.com, kalau kita amati di Luwu Timur ini banyak sekali perusahaan. Mulai dari perusahaan sekelas Internasional, Nasional hingga Lokal. Mestinya perputaran ekonomi di Luwu Timur meningkat drastis dari tahun ketahun, pengangguran mestinya tidak ada lagi,  kesejahteraan masyarakat juga meningkat, dan tingkat pendidikan juga meningkat, mulai dari sarana dan prasarananya hingga kualitas pendidikannya.

 

Penulis : Hafid

Editor : Redaksi

Foto : Hafid

News Feed