by

Tim Verifikasi KKS Sambangi Kabupaten Luwu Timur

Penalutim.com, Luwu Timur – Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Kabupaten Luwu Timur untuk meninjau dan menilai secara langsung beberapa titik lokasi khusus (lokus) yang akan menjadi objek penilaian.

Rombongan dipimpin oleh Ketua Tim Verifikasi, Muslim Rasyid, disambut langsung Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman, didampingi Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April, dan OPD terkait, di Sekretariat KKS Kabupaten Luwu Timur, Kamis (26/08/2021).

Di hari pertama ini, Tim Verifikasi KKS Provinsi Sulawesi Selatan akan mengunjungi dua kecamatan yakni Kecamatan Mangkutana dan Tomoni, dimana desa yang menjadi Lokus penilaian ialah Desa Wonorejo dan Wonorejo Timur (Mangkutana) dan Desa Mandiri dan Bangun Karya (Tomoni).

Sementara di hari kedua, Jumat (27/08/2021) besok, Tim juga akan mengunjungi dua kecamatan, yakni Kecamatan Malili dan Nuha, dan desa yang akan menjadi lokus ialah Kelurahan Magani (Nuha) dan Desa Puncak Indah serta Ussu (Malili).

 

Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman dalam kata sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Luwu Timur. Ia mengungkapkan bahwa, pada kesempatan ini dirinya dan Tim Verifikasi KKS akan mengunjungi dua desa yang di Mangkutana dan dua desa di Tomoni.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan, sesuai dengan harapan yang bapak ibu Tim Verifikasi lihat nantinya dilapangan. Sebagaimana harapan kami bahwa ada kabupaten yang baru mengikuti langsung bisa dapat secara nasional, kami juga berharap Lutim bisa seperti itu,” imbuh Hj. Sufriaty.

Ia menilai bahwa Luwu Timur pasti bisa mendapat predikat lebih baik, melihat inovasi yang dibuat oleh Bupati saat ini adalah Lutim insipiring. “Yang berarti kami dituntut untuk membuat inovasi, dan salah satu inovasi beliau adalah membuat Ruang Terbuka Hijau tidak menggunakan APBD,” tuturnya.

 

“Semoga apa yang kita harapkan bersama ini bisa tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan nantinya. Insya Allah semua itu terlaksana berkat dari kerjasama dan doa kita semua,” tandas Istri dari Bupati Luwu Timur tersebut.

Usia penyambutan, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty bersama dengan rombongan Tim Verifikasi KKS bertolak ke Kecamatan Mangkutana dan Tomoni untuk meninjau secara langsung beberapa titik lokus yang akan dinilai, diantaranya Sekretariat Pokja Desa Sehat milik Desa Wonorejo dan Wonorejo Timur (Kec. Mangkutana) serta Sekretariat Desa Sehat Desa Mandiri dan Desa Bangun Karya (Tomoni).

Selain Sekretariat Desa Sehat, Tim Verifikasi KKS juga menyempatkan mengunjungi beberapa rumah warga untuk melihat secara langsung kondisi rumah tersebut terutama dibagian WC/Jamban apakah layak dikatakan sehat atau tidak.

Untuk diketahui, Kabupaten Luwu Timur telah meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional dengan torehan tertinggi Swasti Saba Wistara pada tahun 2019 lalu.

Dan pada verifikasi kali ini ada tujuh tatanan yang dipersiapkan mencakup kawasan pemukiman, sarana dan prasana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kawasan masyarakat sehat yang mandiri dan kawasan kehidupan sosial yang sehat.

 

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed