by

Bahaya, Jalan Raya Sorowako-Malili Rawan Longsor

Penalutim.com, Luwu Timur – Tanah longsor merupakan salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng.

Hal ini jika terjadi di tempat umum seperti diperkampungan sangat membahayakan warga sekitar, bahkan bisa menelan korban jiwa. Seperti yang telah banyak terjadi diberbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Jumat (3/1/2020) tahun lalu yang membuat sejumlah akses jalan poros di kawasan tersebut terputus.

Merujuk dari kejadian tersebut, tentu kita harus selalu waspada dan mengantisipasi hal serupa terjadi di daerah kita. di Luwu Timur, tepatnya akses jalan dari Malili – Sorowako merupakan jalan yang menyusuri lereng gunung yang banyak ditemukan potensi tanah longsor, khususnya di Dusun Balambano Desa Balambano.

Berdasarkan temuan lapangan Penalutim.com, Kamis (6/5/2021) hampir disepanjang jalan ini ditemukan beberapa titik yang berpotensi rawan tanah longsor.

Menurut salah satu warga setempat, yakni Risal Mujur, “Hampir sepanjang jalan ini, rawan longsor. Ini harus segera ditindaki oleh pihak terkait, agar hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi. Jangan sampai sudah terjadi baru kita ambil tindakan”katanya

Menurutnya, ini potensi berbahaya untuk pengguna jalan, baik umum, maupun PT.Vale Indonesia yang secara khusus memanfaatkan jalan ini sebagai akses utamanya untuk produksi tambang Nikelnya. Jika tanah longsor ini benar terjadi maka tentu akan menggangu kelancaran aktivitas PT. Vale Indonesia. Selain itu, tentu juga warga sekitar akan terkena dampak yang membahayakan mereka.

 

Penulis : Ismail

Editor : Redaksi

Foto : Mujur

News Feed