by

ini Program Prioritas Bupati Luwu Timur Yang Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya

Penalutim.com, Luwu Timur – Untuk mewujudkan Kabupaten Luwu Timur yang maju dan berkelanjutan, tentu pemerintah daerah Kabupaten Luwu Timur memiliki program prioritas untuk mencapai hal tersebut.  Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim paparkan hal tersebut yang berlandaskan nilai agama dan budaya di acara peringatan Hari Jadi ke 18 Kabupaten Luwu Timur, Senin (03/05/2021).

“Di periode awal ini,  pemerintah daerah telah menetapkan 10 sasaran prioritas mencakup peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat, pembangunan SDM, pengembangan lapangan kerja dan lapangan usaha, peningkatan sektor-sektor perekonomian daerah, penataan kualitas lingkungan dan infrastruktur, optimalisasi pelayanan publik dan akuntabilitas pemerintah, dimana seluruh kebijakan prioritas tersebut berlandaskan nilai agama dan budaya dengan mengedepankan pembangunan yang partisipatif dan responsif kedalam  sektor pembangunan pendidikan, kesehatan, lingkungan dan tata ruang, investasi, pertanian dalam arti luas, infrastuktur, pariwisata, koperasi, UKM, agama, budaya dan olahraga yang telah terangkum dalam dokumen RPJMD Kabupaten Luwu Timur tahun 2021-2026,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Budiman, bantuan keuangan Rp 1 milyar, satu desa diluar alokasi dana desa (ADD) dan dana desa. Pemerintah daerah perlu memacu pemerintah dan masyarakat desa untuk lebih produktif, dengan memberikan program padat karya untuk membangun infrastruktur, meningkatkan daya beli, maupun program-program berbasis potensi lokal desa. Program padat karya ini dapat menjadi solusi yang paling baik untuk menggiatkan perekonomian yang saat ini sedang lesu akibat pandemi covid-19.

Ia menambahkan, Program Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa penataan taman kota juga akan diwujudkan dengan melibatkan partisipasi swasta seperti perusahaan, kontraktor, perbankan dan dunia usaha lainnya sebagai wujud sinergitas bersama menjaga ekosistem lingkungan dan menyediakan ruang publik yang indah dan berkualitas. “saya laporkan sudah ada 15 perusahaan maupun jasa perbankan yang sudah melakukan MoU dengan pemerintah daerah dalam program penataan ruang terbuka hijau” tambahnya.

Terakhir, orang nomor satu di Luwu Timur ini mengatakan pemerintah daerah juga berencana membangun islamic center, mendorong investasi dan industrialisasi pertanian, mengembangkan destinasi wisata dan geo park, membangun kawasan industri dan sentra ikm, membangun gedung multiguna pemuda, hingga melanjutkan pembangunan rumah sakit, bandara, dan stadion. Semua program prioritas ini secara bertahap akan di diwujudkan dengan prinsip-prinsip yang baik dan berkelanjutan. Tentu saja, program prioritas ini hanya dapat terwujud dengan dukungan dan sinergitas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed