by

Setelah KPM-LT, Giliran FKMW Demo PT Wika dan PT Vale ini Poin Tuntutannya

Penalutim.com, Luwu Timur – Setelah UNRAS  (Unjuk Rasa) yang dilakukan Komunitas Pemerhati Masyarkat Lingkar Tambang Luwu Timur (KPM-LT) kepada PT.Wika dan PT.Vale Indonesia, Selasa (30/03/2021), kini FKMW (Forum Komunikasi Masyarakat Wasuponda) juga melakukan hal yang sama. FKMW melakukan UNRAS di depan lapangan Kare Lae Wasuponda dengan jumlah kurang lebih 150 orang , Selasa (6/4/2021).

Setelah KPM-LT, Giliran FKMW Demo PT Wika dan PT Vale ini Poin Tuntutannya

UNRAS tersebut dilakukan FKMW karena menilai dua perusahaan besar tersebut tidak menjalankan mekanisme yang berlaku. Berdasarkal hal itu, FKMW menuangkan delapan poin tuntutan :

  1. PT. Wika wajib menjalankan mekanisme Penerimaan bukan secara online tapi mengikuti mekanisme seperti kontraktor lain yang ada di naungan PT. Vale
  2. PT. Wika harus bertanggungjawab penuh atas perkataan pada saat sosialisasi di kantor kecamatan terkait perekrutan tenaga kerja 80% di wilayah wasuponda.
  3. PT Vale harus menyeleksi kontraktor yang ada didalam naungannya yang memiliki masalah dengan masyarakat hingga terjadi banyak aksi.
  4. PT Vale memiliki visi dan misi tentang pemberdayaan masyarakat lokal yang harus diperhatikan bukan selalu menutup mata dengan hadirnya orang-orang pendatang.
  5. Semua forum tanpa legalitas yang terdaftar harus dibubarkan karena sangat berdampak dan dapat mengancam kontraktor yang berada dinaungan PT. Vale
  6. Forum-forum yang berlegalitas harus lebih diperhatikan dan mendapat apresiasi dari semua kontraktor yang berada dinaungan PT. Vale
  7. Perlunya pemberdayaan perempuan agar membantu perekonomian yang berada pada wilayah 4 lingkar tambang
  8. Semua kontraktor wajib mengadakan sosialisasi dan transparansi tenaga kerja di wilayah 4 lingkar tambang ketika perekrutan ketenagakerjaan.

Setelah KPM-LT, Giliran FKMW Demo PT Wika dan PT Vale ini Poin Tuntutannya

 

Penulis : Ismail

Editor : Redaksi

Foto : Netizen

News Feed