DPRD Desak PT CLM Bangun Semelter di Luwu Timur

Penalutim.com, Luwu Timur – DPRD Luwu Timur (Lutim) desak PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) bangun semelter di Lutim. Hal ini diungkapkan oleh Alfian Alwi Komisi III DPRD Lutim dilansir dari sinyaltajam.com, Rabu (07/04/2021 ).

“Kita tau dalam Amdal sudah sangat jelas disebutkan dua tahun beroperasi CLM wajib bangun Smelter, sekarang waktunya kita menagih,” kata Alfian.

Menurut Alfian dasar kita mendesak adalah Amdal, karena ada komitmen CLM dalam Amdal itu sangat jelas. Dua tahun beroperasi wajib bangun Smelter, sekarang CLM ini sudah lebih 2 tahun beroperasi di Lutim.

Sudah lama beroperasi di kabupaten Lutim namun belum ada terbangun. “Kita tidak tahu apa alasan CLM sampai saat ini belum melaksanakan komitmennya seperti yang ada dalam Amdal,” tutur Alfian.

Selain karena Amdal, Alfian juga mengatakan bahwa hal ini dilakukanya atas dasar hasil perbandingan ketika melakukan kunjungan kerja (kungker) ke Morowali Utara.

“hasil pembandingan kami saat melakukan kungker ke Morowali Utara jauh lebih layak Lutim bangun smelter. Karena kita lebih besar cadangan nikkelnya” jelasnya.

Lanjut ALfian, hebatnya di Morowali sudah dua smelter terbangun dengan tungku yang banyak , kita disini tidak ada. Inilah yang akan kami bicarakan bersama Bupati Lutim, pihak CLM terkait komitmen membangun Smelter.

Menurutnya, untuk memudahkan pembangunan smelter ini, Pemda Lutim juga sudah menyiapkan untuk kawasan industri sekitar 35 hektar saya pikir cocok untuk pembangunan smelter. Kemudian sudah banyak IUP dan ketersediaan energi listrik juga sudah terpenuhi. Karena kita surplus daya listrik.

Sekarang ini tinggal Kepala Daerah saja , kami di DPRD siap membackup pemerintah daerah untuk mendorong agar PT. CLM segera bangun Smelter. Sekedar  informasi kenapa Morowali Utara bisa bangun dua Smelter? karena komitmen kepala daerahnya kuat, tambahnya.

Apalagi kami, lanjutnya, dapat informasi blok Angkona dan blok Wasuponda, ini semua siap di eksploitasi cadangan Nikkelnya. Kita tidak mau Lutim ini menjual tanah air terus, Kita mau semua berproses di Lutim. Untuk itu penting sekali smelter dibangun di Lutim .

Keuntungan kita kalau terbangun smelter daya serap tenaga kerja sangat tinggi. ” Morowali Utara sana setelah ada smelter, sekitar 27 000 tenaga kerja di pekerjakan disana. ” tutup Alfian

 

Penulis : Ismail

Editor : Redaksi

Foto : Ilustrasi