by

Pemuda Balambano Kelola Ban Bekas Menjadi Pagar Terindah di Luwu Timur

Penalutim.com, Luwu Timur – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa peran serta pemuda dalam kemajuan suatu daerah sangatlah penting, oleh sebab itu kami dari Desa Balambano khususnya di dusun Togo, melakukan penataan pinggir jalan poros agar terlihat lebih bersih dan indah.

Potret PBPK Mengambil Ban Bekas di WorkShop PT.Pancaran

Berbicara mengenai pembangunan sebuah desa adalah hal yang sangat menarik, karena desa adalah harapan kemajuan sebuah bangsa, membangun sebuah desa adalah harga mati yang harus segera di realisasikan semua elemen desa aparatur desa hingga seluruh lapisan masyarakat harus bersama-sama mewujudkan berkembangnya desa maka dari itu, kami Pemuda dan Pemudi  Desa Balambano yang terhimpun dalam organisasi Pemuda Balambano Peduli Kampung (PBPK) berinisiatif bersatu untuk Mencapai tujuan Bersama.

Sederhana saja, tidak perlu sesuatu yang besar atau yang sulit. Cukup dengan membuat program yang mudah dan bermanfaat. Itu sudah cukup untuk membentuk pemuda pemudi yang memiliki jiwa, karakter dan peduli terhadap lingkungan.  Tentu ini akan banyak manfaatnya yang di dapatkan Oleh para pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam program ini.

PBPK berupaya menghidupkan peran pemuda secara aktif dalam membangun desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat, terobosan yang dilakukan PBPK saat ini adalah mengelolah BAN bekas, BAN sebagai Bahan utama dalam membuat kreativitas yaitu membuat Pagar dengan bahan utama BAN dan diwarnai dengan CAT dI Lokasi yang sudah di tentukan sehingga desa Balambano tersebut dapat terlihat indah bersih dan kreatif.

Selain dari pada itu, PBPK juga melakukan kegiatan rutin yaitu gotong royong dengan waktu yang sudah ditentukan. tempat atau sasaran utama yang menjadi fokus PBPK yaitu membersihkan area sekitar Rumah Ibadah, memebersihkan saluran air (Derenase), terlibat dalam proses pembangunan Masjid, mengelolah potensi alam yang layak dijadikan sebagai tempat wisata, ikut serta berpartisipasi membantu masyarakat ketika ada yang melakukan acara baik pernikahan, syukuran, duka dan lain sebagainya (Membantu bangun tenda dan lain-lain).   Dengan terlaksanannya kegiata  ini rasa kepedulian warga setempat bersama pemuda dan pemudi Desa Balambano semakin erat .

Selepas dari pada semua itu,  mari kita buktikan bahwa pemuda di desa kita ini bisa berkarya dan menjadi motivasi untuk generasi kita selanjutnya.

Pemuda Balambano Kelolah Ban Bekas Menjadi Pagar Terindah di Luwu Timur
Potret Pemuda Balambano Peduli Kampung di Kegiatan DIskusi Rutin

Kordinator PBPK Dusun Togo, Kurniawan mengatakan, “sejak kami aktif di organisasi ini, Alhamdulillah, pemuda di wilayah kami sebagian besar telah melakukan kegiatan yang bermanfaat dan kami juga sedikit demi sedikit mulai meninggalkan perbuatan yang merugikan kami selama ini. Kami benar-benar baru merasakan peran kami sebagai pemuda yakni berkontribusi dalam pembangunan desa kami ini”, paparnya.

 

Penulis : Kader PBPK

Editor : Redaksi

Foto : Humas PBPK

News Feed