by

Konsisten Jadi Pegiat Literasi, Pemkab Lutim Bangun Gedung Pelayanan Perpustakaan Daerah

Penalutim.com, Luwu Timur – Dalam rangka mendorong terwujudnya budaya baca masyarakat, pemerintah kabupaten Luwu Timur melaksanakan pembangunan gedung pelayanan perpustakaan daerah, sebagai salah satu sarana belajar, dan membangun kegiatan gemar membaca di daerah tersebut.

Gedung ini di bangun di sekitaran Bundaran City Centre Malili, dimana proses pengerjaannya dimulai dengan rangkaian seremonial peletakan batu pertama yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Drs. Budiman, M.Pd, pada Kamis, (01/04/21).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Luwu Timur, Satri mengatakan pembangunan gedung ini didasari UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan  Peraturan Presiden RI No. 123 Tahun 2020, tentang petunjuk teknis dana alokasi khusus tahun 2021.

Lebih lanjut, Satri mengatakan bahwa “biaya pembangunan gedung perpustakaan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan, sub bidang perpustakan,” tambahnya.

Namun begitu, pemerintah berharap pembangunan gedung perpustakaan dengan nilai kontrak Rp. 9.602.489.344 ini, diharapkan dapat selesai tepat waktu, dengan masa pelaksanaan 250 Hari Kalender sesuai kontrak kerja.

“Kita berharap 250 hari kedepan, muda-mudahan tidak selesai 250 hari, 200 hari hari sudah bisa kita resmikan,” tegas Wakil Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, M.Pd.

Tidak hanya itu, saat hendak memastikan kualitas bangunan, wabup Budiman juga sempat menyinggung beberapa hal terkait material bangunan yang akan di gunakan dalam pembangunan gedung tersebut. Hal itu di ucapkannya saat hendak mengambil material  batu dan campuran semen.

“Ini campuranya bagus. Sepertinya ini campuran 1:1. Muda-mudahan seterusnya campurannya seperti ini,” ucapnya sambil tersenyum

Ada pun Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( DPK ) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H. berharap, “kalau sudah ada gedung perpustakaan yang modern di luwu timur ini, dengan koleksi yang lengkap,  mulai dari anak-anak sampai tingkat dewasa, hadirki’, datangki’, dan jadikan layanan perpustakaan ini sebagai rumahta’ sendiri,” harapnya.

Sekedar untuk diketahui, gedung perpustakaan ini nantinya akan dilengkapi dangan fasilitasbseperti ruang seminar, ruang IT Centre, ruang perpustakaan ibu dan anak, ruang pemutara film, galeri seni, taman dan ruang disabilitas.

Penulis : Ismail Samad
Editor : Redaksi
Foto : Ismail Samad

News Feed