by

Kabid Andi Tulleng : Pencegahan Penyebaran Covid-19 Mengacu Pada Surat Edaran Bupati Sebelumnya

Penalutim.com. Luwu Timur – Penanganan Penyebaran Covid-19 saat ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Banyaknya masyarakat yang mempertanyakan bagaimana sebenarnya perkembangan dan penanganan Covid-19 saat ini di Luwu Timur.

Saat dikonfirmasi oleh penalutim.com, di Kantor Dinas Kesehatan Luwu Timur, Kabid Penanganan Kesehatan, Andi Tulleng, mengatakan perkembangan virus covid-19 saat ini jika dilihat secara kasat mata memang sudah mengalami penurunan. (23/03/2021).

“Saat ini perkembangan (kasus) Covid-19 secara kasat mata sudah mengalami penurunan. Namun, harus tetap mengikuti ajuran pemerintah yaitu menggunakan masker sesuai dengan standar, mulai dari batang hidung sampai dagu”, jawabnya.

“Bahkan saya saja yang sudah vaksinasi dosis ke dua yang sudah lebih satu bulan masih tetap pake masker”, tambahnya.

Acuan penanganan penyebaran Covid-19 ini masih menggunakan surat edaran bupati sebelumnya, dikarenakan belum pernah dicabut.

“Surat edaran Bupati sebelumnya sampai saat ini tetap menjadi acuan dalam penanganan penyebaran Covid-19. Didalam surat edaran itu sudah sangat rinci dijelaskan, salah satunya terkait pelaksanaan kegiatan pesta. Namun memang pelaksanaannya saat ini belum konsisten dengan surat edaran tersebut, sehingga ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah melainkan ini adalah tugas bersama”, jelasnya.

Lebih lanjut, saat ini pemerintah fokus pada pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat yang dilakukan secara bertahap sebagai langkah pencegahan. Selain itu, perlu kita ketahui bersama bahwa penanganan penyebaran Covid-19 ini jangan hanya bergantung pada pemerintah terkait, tetapi juga konstribusi masyarakat itu sangat dibutuhkan. Pada intinya, persoalan penanganan covid-19 ini merupakan tanggungjawab kita bersama, bukan hanya pada sisi pemerintah walaupun ada Satgas Penanganan Covid-19, tandasnya.

 

Penulis : Hafid
Editor : Redaksi
Foto : Kominfo Lutim

News Feed