Connect with us

Daerah

PT Vale Indonesia Bangun Apartemen Ikan di Luwu Timur

Penalutim.com, Luwu Timur – Dalam rangka realisasi program Pengembangan Kawasan Pedesaan Mandiri (PKPM) yang merupakan program CSR PT Vale Indonesia (PTVI), kegiatan Penurunan Apartemen Ikan dilakukan oleh PTVI hari ini di Pelabuhan Waru-waru, Desa Harapan, Kecamatan Malili,  Kabupaten Luwu Timur,  Rabu (24/2/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh tim dari PTVI, empat Kepala Desa/mewakili yang masuk dalam kawasan desa mandiri yang diantaranya desa Harapan, desa Pasi-pasi, desa Wewangriu dan desa Balantang, Ketua BKAD Hamka Bob, Pendamping Teknis A. Narwis, Pendamping Kawasan Masnur, seluruh perwakilan BKAD pesisir, Tim Penyelam dari Basarnas kabupaten Lutim.

Menurut Ardian, selaku Social Program Manager PTVI, perencanaan program ini tentunya didasari pada potensi daerah tersebut yang terletak di kawasan pesisir dan industri hasil olahan laut. Ia memaparkan bahwa program apartemen ikan memiliki banyak fungsi. Pertama yaitu fungsi lingkungan, sebagai konservasi ekosistem ikan di bawah laut. Kedua, fungsi ekonomi yakni untuk menambah hasil tangkap para nelayan. Ketiga yaitu fungsi wisata, yang rencananya ke depan hasil dari program apartemen ikan tersebut akan dibuka untuk umum. Keempat ialah fungsi edukasi, dengan menyampaikan pada khalayak bahwa ada rekayasa sosial yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kondisi alam.

“Ke depan, agar program ini dapat berkelanjutan dan nilai tambahnya dapat terus dirasakan sampai generasi selanjutnya, maka akan dibentuk Badan Usaha Milik Bersama (BumDesMa) yang nantinya akan mengelola aset tersebut,” tambahnya.

 

Penulis : Khafid

Editor : Ning Rahayu

Foto : Khafid

Berita Trending