by

Bebas Dari Proses Pemakzulan, Trump Terancam 10 tahun Penjara Jika Terbukti Bersalah

Penalutim.com, AS – Mantan Presiden AS Donald Trump bisa saja bernafas lega setelah Senat membebaskannya di proses pemakzulan. Namun begitu, ini bukan berarti dirinya  dapat lepas dari jeratan hukum jika dikemudian hari ia terbukti bersalah. Trump dapat divonis 10 Tahun penjara jika ia terbukti peranannya dalam serangan ke Gedung kongres beberapa waktu lalu.

Diberitakan IRNA, terdapat beberapa media yang mengkonfirmasi kemungkinan peradilan Trump disebabkan perannya di serangan demonstran ke Kongres.

Kantor Berita Jerman, DPA menulis, Donald Trump meski dibebaskan di proses pemakzulan, tapi sampai saat ini ia masih menghadapi ancaman hukuman penjara.

Laporan ini dengan jelas menyebutkan, meski banyak dari kubu Republik termasuk Mitch McConnell menyetujui pembebasan Trump, namun McConnell dengan transparan mengatakan, voting ini tidak membuktikan Trump tidak bersalah.

Lebih lanjut, DPA menyebutkan, sepertinya McConnell yang sebelumnya mengkritik keras Trump, setuju bahwa Trump bersalah karena memprovokasi pendukungnya di ibu kota Amerika Serikat.

Dengan begitu, jika pengaduan terhadap Trump dilayangkan ke pengadilan, maka hukuman keras tengah menantinya. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam undang-undang Amerika Serikat, dimana hukuman memprovokasi kerusuhan dapat diganjar 10 tahun penjara.

 

Penulis : Ismail Samad

Editor : Redaksi

Foto : ***

News Feed