Rayakan HPSN, Sorowako Bersih Dari Sampah

Penalutim.com, Luwu Timur – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Peringatan HPSN pertama kali dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 21 Februari 2005.

Dalam rangkaian HPSN, Minggu (21/2/2021) Kepala Desa Sorowako, Jihadin Peruge dan Pemerintah desa Sorowako mengajak semua warga dan semua organisasi melakukan kegiatan sosial dengan membersihkan sampah di area-area wilayah Sorowako.

Dengan tema “Gerakan Ayo Jaga Kampung dan Danau Dari Sampah”, kegiatan dimulai dari sekitar rumah warga, jalan-jalan, dan juga danau  tempat rekreasi yang ada di sepanjang Pantai Impian dan Molino.

Bersama komunitas motor trail dan jip lutim community, kegiatan juga dilakukan dengan berkampanye dan membagikan stiker sebagai imbauan untuk menjaga kebersihan.

Sampah yang masih menjadi masalah serius bagi masyarakat Sorowako, dianggap karena minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan keterbatasan lahan yang diberikan PT Vale untuk Tempat Pengolahan Sampah Terakhir (TPST).

Penumpukan sampah di masa pandemi memang kian meningkat, terutama sampah Covid seperti masker sekali pakai.

Dengan Hari Sampah Nasional kali ini bersama Pemerintah Desa Sorowako, Gerakan Ayo Jaga Kampung dan Danau bisa menjadikan momen untuk meningkatkan kesadaran dalam menyelesaikan masalah sampah.

“Semoga kita bisa turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Karena kita cinta Sorowako. Karena kita cinta danau Matano. Karena Sorowako melengket di hati,” ujar Jihadin Paruge.

 

Penulis : Lisa Jhon

Editor : Ning Rahayu

Foto : Lisa Jhon