by

Persyaratan Penerimaan PT Wika Beratkan Para Pencari Kerja di Lutim

Penalutim.com, Luwu Timur – Setelah resmi mengumumkan akan adanya penerimaan tenaga kerja di PT Wijaya Karya (Wika) Persero Tbk, pada Selasa (26/01/2021) lalu, masyarakat Luwu Timur (Lutim) mulai berbondong bondong memasukan lamaran kerja di perusahaan tersebut.

Namun sayangnya, di tengah antusias para pencari kerja, persyaratan penerimaan tenaga kerja di PT Wika justru memberatkan masyarakat Lutim. Khususnya mereka  yang tidak memiliki Handphone Android dan akses internet di wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, mereka juga merasa diberatkan dengan surat keterangan bebas Narkoba yang dikenakan biaya Rp 150.000.

“Saya tadi dari Malili urus surat keterangan bebas narkoba. Tapi saya tidak jadi urus karena dikenakan biaya Rp 150.000, saya tidak punya uang dengan jumlah itu,” ucap salah satu warga Desa Balambano.

Jika menilik dari proses dan persyaratan penerimaan calon tenaga kerja baru yang dilakukan sejumlah perusahaan yang juga beraktivitas di wilayah kerja PT Vale, ada beberapa perusahaan yang melakukan penerimaan hanya berdasarkan fotokopi KTP dan kartu keluarga (KK), serta Foto 3×4 dua lembar. Setelah itu pelamar diterima langsung dan kemudian diproses MCU hingga mulai bekerja.

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, pihak PT Wika tidak memberikan jawaban apapun, ketika dihubingi melalui pesan whatsapp (WA).

 

Penulis    :  Mujur

Editor     : Redaksi

Foto        : Istimewa

News Feed