by

3.120 Vaksin Sinovac Tiba di Lutim, Sekda : Tahap Pertama Untuk Tenaga Kesehatan

Penalutum.com, Luwu Timur – Sebanyak 3.120 dosis vaksin sinovac telah tiba di Polres Luwu Timur (Lutim) Jumat (29/01/2021) sekitar pukul 01:00 Wita untuk diamankan. Selanjutnya vaksin diserahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lutim yang diterima oleh Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Jumat pagi.

Dalam penyerahannya, vaksin yang diantar langsung oleh tim vaksinasi covid-19 Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut, turut dihadiri  Wakapolres Lutim, Kompol Muhammad Rifai beserta jajaran, Badan POM, jajaran Kepolisian dari Polda Sulsel yang mengawal vaksin, Sekretaris Dearah, H. Bahri Suli, Asisten Administrasi Umum Setda Lutim, Drs. Askar, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April, Staf Ahli Pembangunan, Muharif dan segenap Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim .

Bahri Suli mengatakan, vaksinasi tahap pertama akan dikhususkan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit di Lutim, agar mereka memiliki kepercayaan diri setelah divaksin sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kita semua patut bersyukur karena dengan kehadiran vaksin ini, mudah-mudahan nantinya teman-teman jajaran petugas kesehatan yang ada di Lutim memiliki kepercayaan diri kalau sudah dilakukan vaksin sehingga bisa lebih maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang terkonfirmasi terkena covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Bahri Suli menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan dimulai pada tanggal 1 Februari mendatang dan sosialisasi untuk mematuhi protokol kesehatan akan serus dilakukan.

“Mudah-mudahan sesuai dengan target dan bisa dilakukan untuk tahap-tahap selanjutnya sehingga pengendalian virus covid 19 dapat dikendalikan dengan adanya vaksin tersebut,” pungkasnya.

Selain itu, Ketua tim pendistribusian vaksin covid 19 Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muhammad Husni Thamrin  menyebutkan, tahap pertama vaksinasi akan diberikan kepada tenaga kesehatan, tahap kedua TNI dan Polri, tahap ketiga para pelaku pelayanan publik dan tahap keempat masyarakat.

“Tentu yang kita harapkan bahwa tenaga kesehatan homoden dalam rangka menyambut vaksin ini dan sebelum vaksin tersebut disuntikkan ke tubuh tenaga kesehatan, akan ada screening dan assessment setelah dinyatakan lolos baru bisa di vaksin,” ujarnya.

Kendati demikian, Muhammad Husni berharap agar dengan kehadiran vaksin sinovac yang diantar langsung ke Kabupaten Lutim tersebut, mampu meningkatkan imunitas para tenaga kesehatan dan berhasil menekan penyebaran virus corona di seluruh Indonesia.

“Semoga dengan hadirnya vaksin ini bisa meningkatkan imunitas bagi tenaga kesehatan sehingga melahirkan kepercayaan untuk pelayanan kesehatan baik pasien covid atau umum,” tutupnya.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli didampingi Wakapolres Lutim, Kompol Muh. Rifai, Ketua Tim Pendistribusian Vaksin Sulsel, Muhammad Husni dan Plt. Kadis Kesehatan Lutim, dr. Rosmini Pandin melakukan penandatanganan serah terima vaksin, setelah itu melihat langsung penurunan vaksin dari mobil box untuk disimpan di gudang Farmasi milik Dinkes Lutim.

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed