by

Gempa M 6,2 Guncang Majene

Penalutim.com,Luwu Timur –  Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,2 mengguncang Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat dini hari tadi (15/1/2021), pukul 01.28.17 WIB .

Kendati tidak berpotensi tsunami, namun guncangan yang cukup kuat ini mengakibatkan kerusakan bangunan. Terlihat dari sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial, nampak kerusakan pada kantor Gubernur Sulbar, rumah sakit, toko-toko, serta rumah warga.

Berdasarkan laporan BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).
Sebelum gempa utama, Pada pukul 01.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukan 1 aktifitas gempa bumi pendahuluan ( foreshock ) dengan magnitudo M=3,1. Kemudian pada Jumat (15 Januari 2021 pukul 02.20 WIB) Hasil monitoring BMKG menunjukkan 6 aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo maksimum M=4,1. Gempabumi ini masih merupakan rangkaian gempabumi pada tanggal 14 Januari 2021 Pukul 13.35 WIB dengan magnitudo M=5,9.
Penulis : Ajeng
Editor  : Redaksi
Foto  : Istimewa

News Feed