Pimpin Pelepasan Jenazah Bupati Lutim, Ketua PN Malili : Saya Jadi Saksi Begitu Besarnya Perhatian Beliau Kepada Masyarakat Lutim

Daerah548 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Ketua Pengadilan Negeri Malili, Khairul, memimpin upacara pelepasan jenazah almarhum Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler untuk dikebumikan di kediamannya di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Ribuan pelayat hadir menyaksikan langsung upacara pelepasan jenazah di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Jumat (25/12/2020) Pagi.

Pada upacara pelepasan jenazah itu, juga dilakukan penyerahan akta kematian oleh Ketua PN Malili, Khairul, kepada Uztadz H. Ardias Barah selaku perwakilan keluarga. Sementara untuk menyampaikan sambutan mewakili keluarga diamanatkan kepada KH. Suardi Ismail yang juga Anggota DPRD Luwu Timur.

“Mewakili pihak keluarga, saya mengucapkan rasa terimakasih kepada segenap warga Luwu Timur, Seluruh ASN yang telah membantu ikut menjaga almarhum selama di rumah sakit sampai pada pengantaran jenazah ke Kabupaten Luwu Timur. Termasuk pula pelepasan jenazah almarhum untuk dikebumikan di Kabupaten Luwu Utara,” tandasnya.

Lanjut KH. Suardi, Almarhum H. Thoriq Husler merupakan orang yang baik, sabar dan murah senyum. Tidak heran jika masyarakat Luwu Timur sangat kehilangan sosoknya. Hal ini dibuktikan dengan besarnya antusias masyarakat menunggu jenazah Almarhum hingga larut malam. Untuk itu, ia memohon segenap warga Luwu Timur agar kiranya mengirimkan doa untuk memuluskan perjalanan beliau menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa dan senantiasa dilapangkan kuburannya.

“Selanjutnya, jika semasa hidupnya almarhum ini punya sangkut paut hutang, jika tidak bisa di ikhlaskan maka kami memohon agar kiranya melaporkan kepada pihak keluarga nanti kami akan bermusyawarah untuk menyelesaikannya,” tambahnya.

Sementara Ketua PN Malili, Khairul mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya almarhum H. Muhammad Thoriq Husler. Saya pribadi kaget mendengar kabar itu dan tak kuasa menahan air mata.

“Saya jadi saksi begitu besarnya perhatian beliau kepada masyarakat Luwu Timur. Rumah Jabatan ini selalu ramai dikunjungi, saya kadang mengingatkan beliau, istirahat ki pak, tapi apa jawaban beliau, kasihan mereka pak ketua, sudah mendatangi saya, tentu punya harapan besar untuk disampaikan. Hal itu memang harus saya dengarkan dan laksanakan sebagai jawaban atas amanah yang telah dipercayakan kepada saya,” jelasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Peti Jenazah yang dibungkus kain merah putih itu kemudian di gotong para Camat menuju ke mobil ambulance jenazah untuk dibawa menuju ke Kabupaten Luwu Utara.

Dalam perjalanannya menuju Kabupaten Luwu Utara, ribuan warga Kabupaten Luwu Timur baik yang menggunakan kendaraan mobil dan motor ikut mengiringi pengantaran jenazah untuk dimakamkan, sebagian lainnya berada ditepi jalan ditiap Kecamatan yang dilalui warga memberi penghormatan terakhir kepada almarhum Bupati Luwu Timur.

Upacara pelepasan jenazah almarhum Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler juga dihadiri Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, para Anggota DPRD, Kajari Luwu Timur, Muhammad Zubair, Wakapolres, Rifai, Sekda, H. Bahri Suli, para Kepala OPD dan ratusan pelayat yang hadir.

Semasa hidupnya, Almarhum H. Thoriq Husler juga memimpin beberapa organisasi seperti Ketua FKPPI, Ketua PMI, Ketua Kosgoro, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Luwu Timur, Ketua Golkar, Ketua Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Luwu Timur, Ketua Himpunan Persaudaraan Haji Indonesia (HPHI) Luwu Timur, Ketua Orari Lokal dan Ketua Kwartircab Pramuka.

 

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim