by

Menristek Sebut Ajang WINNER Mampu Percepat Kualitas Perguruan Tinggi Indonesia

Penalutim.com, Jakarta – Acara tahunan WINNER 2020 yang diselenggarakan NOW, KNAW, NUFFIC NESO Indonesia, LIPI, ALMI, Kedutaan Besar Belanda di Indonesia sejak kemarin, (24/11/2020) hingga besok (26/11/2020) mendapat respon positif dari berbagai pihak, khususnya pemerintah Indonesia.

Dalam acara pembukaan, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa WINNER adalah sebuah acara yang akan memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara dan membentuk kolaborasi baru.

Menurut Bambang, kolaborasi internasional perlu dijadikan prioritas guna mempercepat kualitas perguruan tinggi Indonesia. “Perlunya kolaborasi internasional menjadi prioritas – untuk mempercepat kualitas perguruan tinggi Indonesia melalui kerjasama internasional terutama dengan Belanda,” ujarnya, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, Bambang juga menyatakan komitmen di tingkat tertinggi untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Indonesia ke penelitian Belanda, dan peluang pendidikan serta kerjasama beasiswa.
Tidak hanya Menristek, Ingrid van Engelshoven, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda juga menyatakan komitmen di tingkat tertinggi untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia dan peluang pendidikan serta kerjasama beasiswa.

“Indonesia adalah pintu gerbang Asia Tenggara, Belanda adalah pintu gerbang ke Eropa dalam hal ini saling bekerja sama adalah agenda yang dimiliki oleh kedua negara,” ungkap Ingrid dalam kesempatan yang sama.
Menurut Ingrid, WINNER menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk dapat terus melakukan kerja sama di masa yang akan dating. Untuk itu ia juga mengajak para pelajar Indonesia untuk belajar bersama, bertukar pikiran bersama agar Belanda dan Indonesia dapat menjadi pemenang.
“Perkembangan pesat di Indonesia sangat mengesankan dan Kami (Belanda) ingin menjadi bagian dari perkembangan ini,” tambah Ingrid.

Untuk diketahui, WINNER merupakan ajang yang akan berfokus pada kolaborasi Indonesia – Belanda dalam sains dan pendidikan, termasuk kolaborasi dengan sektor swasta R&D, dalam kemitraan swasta-publik, dan menampilkan Living Labs sebagai inkubator untuk investasi perusahaan.

 

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Ning Rahayu

News Feed