by

Jayadi Nas : Belum Sempurna Perjalanan Wisata Seseorang Kalau Belum ke Danau Matano

Penalutim.com, Luwu Timur – Memanfaatkan akhir pekan, Pjs. Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, bersama keluarganya menikmati keindahan wisata alam Danau Matano. Panorama alam yang indah dipadukan air danau yang jernih membuatnya kagum akan potensi pariwisata dan keindahan alam Sorowako yang memukau.

“Danau matano ini sangat indah. Danau purbakala yang dihuni hewan endemik, suasananya sejuk dan airnya yang jernih dan bersih. Sungguh indah panorama alam karunia Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Jayadi takjub akan keindahan danau matano, Minggu (22/11/2020).

Menurut Jayadi, danau matano punya keunggulan potensi wisata yang sangat menjanjikan. Bahkan, kata Jayadi, belum sempurna perjalanan wisata seseorang kalau belum menginjakkan kaki di danau matano.

Jayadi Nas juga menyempatkan mengabadikan momen saat berenang bersama keluarga di gua bawah air tepi danau Matano. Terlihat pula Camat Nuha, Aswan Azis dan Kepala Desa Sorowako, Jihadin Peruge, juga ikut menemani rekreasi keluarga Pjs. Bupati Luwu Timur.

Ditempat itu pula, Jayadi Nas juga ditemui beberapa penyelelam yang sedang berburu ikan predator “sapu-sapu” yang merupakan pemangsa utama berbagai ikan endemik seperti ikan opudi dan bottini yang semakin hari populasinya semakin terancam akibatnya adanya ikan predator.

“Wah bagus ini pak desa, kegiatan yang dilakukan para penyelam untuk menjaga ikan endemik danau matano dari serangan ikan predator,” kata Jayadi kepada Kades Sorowako, Jihadin.

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan, agar populasi ikan predator bisa dikurangi bahkan bisa dihilangkan dari danau matano.

Puas berkeliling danau matano dan menikmati santap siang diatas Raft (sejenis perahu), Rombongan kemudian menikmati wisata air banana boat yang dikelola Bumdes Sorowako untuk mendukung sektor pariwisata di Danau tersebut.

 

Sumber : Kominfo Lutim

Editor : Redaksi

Foto : Kominfo Lutim

News Feed