by

Pengusaha Muda ini Ajak UKM Lutim Kembangkan Usahanya Dengan Aplikasi

Penalutim.com, Luwu Timur – Teknologi yang kian berkembang ternyata mampu menjadikan dunia bisnis tumbuh dengan sangat pesat. Tidak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Berbagai strategi pemasaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Salah satunya adalah pemasaran lewat aplikasi.

Andi Syahrial, Pemilik usaha kuliner dengan brand ‘Terminal Juice‘ mengungkapkan bahwa bisnisnya berangkat dari kecanggihan dan kecepatan teknologi yang membuatnya tidak menyangka akan menjadi besar. Berawal dari kegiatan bakti sosial dengan membagikan minuman sehat (jus), kini Andi justru menjadi  pengusaha kuliner sehat.

Dalam mengembangkan usahanya, Andi pun memaksimalkan peran fungsi teknologi dengan membuat aplikasi. Lewat aplikasinya tersebut, Andi memudahkan para pelanggan untuk melihat puluhan menu yang ia jajakan dan melakukan pemesanan dengan lebih efisien.

Manfaat dari menggunakan aplikasi sebagai media pemasaran dan mempermudah para pelanggannya, ternyata cukup dirasakan Andi. Untuk itu ia mengajak para pelaku UMKM di Luwu Timur untuk mengembangkan usaha lewat aplikasi. “Ayo kita kembangkan ke aplikasi, kita belajar aplikasi,” ujar Andi kepada para pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Mutiara Timur cabang Luwu Timur dalam acara Bimbingan UMKM yang merupakan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk.

Menurut Andi, penggunaan aplikasi membuat para pelanggan tidak harus mengantri untuk memesan makanan dan minuman. Sehingga kontak fisik secara langsung tidak terjadi di era pandemi seperti saat ini. “Mengurangi kontak fisik sesama customer. Karena tidak perlu menunggu. Caranya adalah dengan melakukan pemesanan via aplikasi,” jelas Andi.

Dalam Webinar bertajuk Customer Oriented Strategy yang dimoderatori oleh Afryan Palao tersebut, Andi juga mengajak para pelaku UMKM Luwu Timur untuk memaksimalkan media sosial, seperti melakukan siaran langsung mengenai produk, memnuat program give away, dan melakukan endorsment.

 

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Ilustrasi

News Feed