by

Madras Ambasong : Jangan Cabut Hak Anak, Forum Anak dan APSAI Kader Masa Depan Anak Lutim

Penalutim.com, Luwu Timur – Anak adalah investasi dan harapan masa depan bangsa serta sebagai penerus generasi di masa mendatang, masa anak-anak merupakan fase dimana anak mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depan sehingga perlu adanya optimalisasi perkembangan anak.

Hal inilah yang mendasari diadakannya suatu acara yang melibatkan Forum Anak Luwu Timur. Bertempat di aula kantor desa Soroako (Toffen Coffee) Forum Anak menggelar sosialisasi bersama anak-anak sekolah setingkat SMP dan SMA dari beberapa sekolah yang ada di Soroako, Luwu Timur. Dan dihadiri kepala desa Soroako yang akrab disapa, Lau jiha yang turut memberikan support, Rabu (16/9/2020)

Forum Anak Luwu Timur sudah terbentuk sejak tahun 2014 dan telah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat hingga pada tahun 2019 berhasil menjadikan Luwu Timur untuk mendapatkan predikat sebagai kabupaten layak anak, ini merupakan prestasi yang patut diacungi jempol.

Forum Anak adalah wadah partisipasi dalam pemenuhan hak-hak anak, sesuai peraturan menteri No.18 tahun 2019
dimana anggota dari forum anak ini merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kegiatan anak maupun perorangan.

Forum Anak ini dikelola oleh anak setingkat SMP, SMA dan dibina oleh pemerintah sebagai sarana menyalurkan Aspirasi suara pendapat dan keinginan serta kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Dalam sosialisasi forum anak ini, hadir pula pemerhati anak yakni Madras Ambasong dalam hal ini sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia – Luwu Timur (APSAI). Dalam sambutannya dia menyampaikan materi  bahwa anak-anak harus memiliki hak dan juga diharapkan adanya perhatian pemerintah untuk lebih memperhatikan hak-hak dari masing-masing anak. Dan menegaskan Pesan khusus “Jangan Cabut Hak Anak !”, Anak  dikemudian hari diharapkan agar bisa menjadi pelopor dan pelapor atas hak-hak mereka.

Sebagai ketua APSAI Madras Ambasong menuturkan akan selalu hadir untuk menjaga hak-hak anak, dan membantu pemerintah apapun program untuk anak-anak. “Ayo berpartisipasi melindungi dan menjaga hak asasi anak-anak,” ucap ketua APSAI.

Sebagai pamungkas dari sosialisasi forum anak, ketua APSAI Madras Ambasong dan Shanty Hatta Sebagai pemerhati perempuan dan anak Luwu Timur serta ketua Srikandi pemuda pancasila Luwu Timur dan juga Sebagai Pendamping Forum Anak Luwu Timur berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan kebutuhan anak dan kader forum anak kedepan, harapannya bisa masuk dalam pemilihan Legislatif sebagai perwakilan dari anak, bukan pada saat menentukan perwakilan 5 tahun kedepan anak di butuhkan hak suaranya, tapi mereka juga berhak dilibatkan dalam pembangunan.

 

Penulis : Lisa Jhon

Editor : Amos Jakson

Foto : Lisa Jhon

News Feed