by

Insan Pers Berduka, Pendiri Kompas Gramedia Group Tutup Usia

Penalutim.com, Jakarta – Kabar dukacita kembali dirasakan oleh dunia jurnalis indonesia pasalnya, pendiri Kompas Gramedia Group, Jakob Oetama meninggal dunia pada usianya yang ke 88 tahun, Rabu (9/9/2020). (Sumber: Pusat Informasi Kompas)

Jakob Oetama menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat.

dilansir dari laporan reporter Kompas TV di lapangan, menginformasikan bahwa jenazah akan disemayamkan di Gedung Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta. Dan selanjutnya jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata.

Jakob Oetama diketahui lahir di Desa Jowahan, 500 meter sebelah timur Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 27 September 1931. Ia merupakan putra pertama dari 13 bersaudara. Ayahnya bernama Raymundus Josef Sandiyo Brotosoesiswo seorang pensiunan guru Sekolah Rakyat di Sleman, Yogyakarta, sementara ibunya bernama Margaretha Kartonah.

Saat ini Jakob Oetama dikenal sebagai salah satu pendiri Kompas Gramedia Group bersama dengan Petrus Kanisius (PK) Ojong.

Diketahui Jakob tidak hanya menjadi tonggak jurnalisme bagi para wartawan Kompas dan grup Kompas Gramedia, tetapi beliau juga turut mewarnai perjalanan jurnalisme Indonesia.

“Selamat jalan Pak Jakob, Doa kami selalu bersamamu, terima kasih atas segala ilmu jurnalisme yang telah kau tularkan kepada kami insan pemburu berita,” ungkap salah seorang jurnalis Penalutim.com.

 

Penulis : Lisa Jhon

Editor : Amos Jakson

Foto : Netizen

News Feed