by

Wujudkan Program PKPM, Vale Perkuat Ekonomi Desa

Penalutim.com, Luwu Timur – Guna mewujudkan program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) terus melakukan berbagai upaya di tengah pandemi yang melemahkan ekonomi secara massif.

Melalui pelatihan online mengenai Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) yang digelar PT Vale bersama Commit Foundation hari ini, Kamis (3/9/2020) diharapkan mampu mmperkuat kelembagaan ekonomi di kawasan perdesaan.

Laode M. Ichman, Senior Coordinator Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PTVI mengungkapkan bahwa pelatihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para pendamping program, Badan Kerjasama Antar Desa atau BKAD dan tim sekretariat program ini dapat mewujudkan tujuan program PKPM yakni kawasan perdesaan yang mandiri dan berdaya saing.

Ichman juga berharap agar dukungan program yang difasilitasi oleh PTVI dapat berkelanjutan dengan memperkuat komponen pelaku program.

“Minimal tahun ini proses penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan dijalankan,” tambahnya.

Sementara itu Amir Rahman, selaku perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut menjelaskan bahwa tradisi berdesa dalam pendirian Bumdesma yang utama yaitu membutuhkan modal sosial dan kedua berkembang dalam politik inklusif.

“Kemudian Bumdesma merupakan salah satup usaha ekonomi desa yang bersifat kolektif, merupakan badan usaha, menjadi arena pembelajaran bagi warga desa, dan Bumdesma melakukan transformasi,” jelas Amir dalam paparannya.

Untuk diketahui, Program tersebut merupakan kerjasama antara COMMIT Foundation dan PT Vale Indonesia Tbk sejak tahun lalu, dan menjai program lanjutan dari skema PPM yang sudah digelar beberapa tahun sebelumnya.

 

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Redaksi

News Feed