by

Dukung UMKM Lutim, Vale Gelar Bimbingan Online

Penalutim.com, Luwu Timur – Asosiasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Mutiara Timur Cabang Luwu Timur binaan PT Vale Indonesia menggelar Bimbingan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Online mengenai Digital Marketing yang bertemakan “Foto Produk Menarik, Jualan Online Jadi Asik”, pada Sabtu (22/8/2019).

Bimbingan UMKM online tersebut merupakan salah satu aktivitas pendampingan untuk para pelaku UMKM di Luwu Timur dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM 2019-2020) PT Vale Indonesia Tbk.

Dalam bimbingan online tersebut, Dwi Nuryani Sepriyanti selaku Pemateri menyampaikan beberapa tips menjalankan pemasaran di era digital. Dwi menyampaikan bahwa teknik fotografi menjadi sangat penting dalam digital marketing. “Karena konsumen 90% memutuskan untuk membeli produk dengan melihat foto produk yang menarik. Setelah itu baru perbandingan harga dan lainnya,” ungkap Dwi dalam paparannya.

Menurut Dwi, tidak maksimalnya gambar produk yabg dihasilkan oleh handphone bukan disebabkan oleh jenis atau merek handphone-nya, melainkan penggunaan cahaya yang tidak benar.

Berikut adalah beberapa tips pengambilan gambar produk yang bisa dilakukan para pelaku UMKM:

1. Light Hour
Ambil lah gambar pada waktu-waktu tertentu ketika sinar matahari sangat bagus mempengaruhi kamera, yaitu pada pukul 07.00 sampai 09.00 pagi atau pukul 14.00 sampai 16.00 sore.

2. Letak Produk
Anda bisa meletakkan posisi produk di dekat jendela untuk mendapatkan cahaya dari samping. Karena cahaya yang didapatkan dari samping bisa menghasilkan gambar lebih baik dibandingkan cahaya dari atas.

3. Gunakan Pemantul
Gunakan lah alat pemantul cahaya seperti kain putih atau styrofoam. Namun jika matahari terlalu terik, gunakan lah kain berwarna hitam untuk meredam cahaya.

4. Tangan Stabil
Pastikan tangan dalam posisi stabil (tidak goyang) saat memotret. Namun akan lebih baik jika menggunakan tripod.

5. Tempat dan Komposisi
Hindari pengambilan gambar produk di lantai, terutama untuk produk makanan. Karena kesan makanan yang diletakkan di lantai sangat tidak baik. Kemudian usahakan komposisi produk terlihat.

 

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Ning Rahayu

News Feed