by

Melalui Webinar, Vale Bersama Pemda Lutim Ajak UMKM Bangun Kemitraan Dengan Ritel Moderen

Penalutim.com, Luwu Timur –  Setiap tahun, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memperingati Hari Nasional UMKM yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus. Sejarah peringatan Hari Nasional UMKM bermula dari Piagam Yogyakarta hasil Kongres UMKM pada 25-26 Mei 2016.

Dalam Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping ke 2 (TNP2) tersebut, diikuti oleh ratusan pendamping koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia. Pemilihan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Nasional UMKM menggunakan tanggal lahir Bapak Koperasi, Bung Hatta yang lahir pada 12 Agustus 1902.

Sejalan dengan Hari Nasional UMKM, PT Vale Indonesia melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Periode 2019-2020 bersama Asosiasi UKM Mutiara Timur dan Pemerintah Luwu Timur, melaksanakan acara yang dikemas dalam program webinar & talkshow, mengangkat tema “Membangun Kemitraan UMKM dengan Ritel Modern”.

“Kegiatan webinar ini dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pemahaman kepada UMKM binaan, terkait kerjasama kemitraan dengan ritel apa saja yg menjadi syarat kelayakan produk, untuk bisa diterima pada market ritel modern sehingga pelaku UMKM bisa mempersiapkan produknya,” ungkap Hasidah S Lipoeng selaku ketua umum Asosiasi UKM Mutiara Timur, Kamis (13/8/2020).

Lanjut Hasidah, “target peserta adalah UMKM se Lutim dan luar Lutim. Pemateri sendiri adalah buyer regional Alfamart Makassar yakni Rachmat Ardy dan saya selaku ketua umum Asosiasi UKM Mutiara Timur yang telah bermitra dengan ritel sejak tahun 2014.”

Di tempat terpisah, mewakili management PT Vale, Laode Muhammad Ichman selaku senior Coordinator PPM, mengungakapkan kepada Penalutim.com, kalau dukungan PT Vale adalah dalam bentuk pendampingan pelaku usaha UKM melaui pola kemitraan dengan asosiasi UKM Mutiara Timur salah satunya mendorong industri olahan komoditas pada kawasan pengembangan perdesaan (PKPM) dan standarisasi produk UKM yg dapat diterima oleh pasar termasuk pasar modern.

Ichman juga mengajak seluruh pelaku UMKM dari mana saja, secara khusus yang berada di wilayah Luwu Timur untuk mengikuti Webinar dan Talkshow ini, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 13.00 Wita melalui live via aplikasi Zoom.

 

Penulis : Hamka Bob

Editor : Amos Jakson

Foto : Hamka Bob

News Feed