by

Tidak Sesuai Izin, Warga Dusun Balambano Diresahkan Keberadaan Cafe Liar

-Daerah-109 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Maraknya terbuka dengan bebas cafe yang beroperasi tidak sesuai dengan surat izinnya di dusun Balambano, Kecamatan Wasuponda , Kabupaten Luwu Timur sedikit meresahkan beberapa masyarakat sekitar, ditambah lagi beberapa pekerja pada cafe tersebut tidak menggunakan pakaian yang layaknya sopan dipandang banyak orang.

Atas dasar ini, beberapa tokoh masyarakat bersama pemerintah dan warga dusun Balambano mengadakan pertemuan guna membahas terkait polemik yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat Dusun Balambano. Dalam pertemuan ini turut hadir pula aparat kepolisian dan Kepala Desa Yakni Khaerullah, jumat (7/8/2020).

Khaerullah menuturkan “saya tidak melarang usaha ini untuk dibuka, yang penting mengedepankan adat istiadat setempat. Tidak masalah menjual minuman keras, tapi harus didasari dengan surat izin dan mengikuti aturan atau norma hukum. Kami akan mempersiapkan jadwal untuk turun lansung ke lokasi yang bersangkutan bersama Babinkantibmas untuk melakukan sidak,” ungkapnya.

Niah salah satu warga juga mengungkapkan keresahannya kepada Penalutim.com, karena pelayan Cafe ini kerap melintas di perkampungan warga balambano dengan pakaian yang sangat tidak sopan, yang seharusnya pakaian itu digunakan untuk pakaian dalaman saja.

Lanjut  Niah menuturkan “Saya merasa sangat malu karena  banyak warga desa lain yang menanyakan kesaya mengapa ada banyak cafe yang buka dan memperkerjakan pekerjanya sampai dini hari dan mereka berpakaian yang tidak sopan,”.

Ditemui di tempat yang berbeda, salah seorang pemuda dusun Balambano yang enggan untuk disebutkan identitasnya,  menyampaikan keresahannya terhadapat maraknya perjudian yang terjadi di dusun Balambano. Ungkapnya “perjudian di Balambano harus disapuh bersih, biar kampung kita bisa terhindar dari perbuatan yang dilarang agama , dan kampung kita bisa berkembang,”.

Harapan pemerintah dan masyarakat kiranya usaha ini dapat beroperasi sesuai dengan izinnya ,dan jam operasional cafe dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan setelah ditutup tidak ada lagi kegiatan para pekerja atau pelayan cafe yang berpakaian yang tidak sopan. Serta perjudian ini juga segera dihentikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di Dusun Balambano.

 

Penulis : Yolan Johan

Editor : Amos Jakson

Foto : Yolan Johan

News Feed