by

Waspada Kolesterol Tinggi, 7 Bumbu Dapur Ini Ternyata Obatnya

Penalutim.com, Luwu Timur – Diberbagai acara kumpul keluarga, entah itu hari raya ataupun hanya sekedar acara makan bersama, kita tidak pernah terlepas dengan sejumlah menu makanan yang bahan utamanya adalah daging dan lemak.

Waspadalah dengan penyakit yang selalu mengintai kesehatan organ tubuh kita, salah satunya adalah kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pengertian dari Kolestrol itu sendiri, adalah salah satu turunan lemak yang beredar dalam darah kita. Tubuh memang membutuhkan kolesterol tetapi dalam jumlah terbatas. Sebenarnya tubuh sudah memproduksi kolesterol. Selain dari sel-sel tubuh, hati juga menghasilkan sekitar 1 gram kolesterol setiap harinya.

Dari sejumlah teori kesehatan, ada beberapa penyakit yang ditimbukan dalam tubuh kita akibat kelebihan kadar kolesterol. Diantaranya Stroke dan jantung koroner.

Selain obat-obatan dari dokter, ternyata herbal atau bumbu dapur ini dipercaya dapat membantu meringankan dan meyembuhkan penyakit akibat kelebihan kadar kolerterol dalam tubuh kita.

Bawang Putih

Selain bermanfaat sebagai rempah masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan. Selain bisa membantu meredakan gejala berbagai penyakit seperti Flu, tanaman ini juga ternyata mampu membantu menurunkan kolesterol.

Kebanyakan orang mencampur bawang putih ini dalam setiap masakannya, utama makanan berupa daging yang banyak mengandung lemak. Contohnya bakso, coto dan aneka masakan daging lainnya. Di beberapa rumah makan, para juru masak juga sering merendam bawang putih dalam minyak untuk tumisan masakan, tujuannya adalah untuk cita rasa dan untuk kesehatan.

Jahe

Bumbu dapur seperti jahe kerap disinggung sebagai salah satu obat herbal untuk kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Ada berbagai cara untuk menikmati manfaat jahe, bisa hanya dengan mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. Bisa juga dinikmati dengan potongan kayu manis dan sedikit gula aren.

Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu setelah dipotong.

Biji Ketumbar

Disejumlah penelitian ada banyak yang menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Biji ketumbar juga dapat berguna untuk mengatur kadar diabetes.

Biji Ketumbar bisa dibuat semacam ramuan ketumbar di rumah. Caranya sangat mudah, cukup hanya perlu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, Kemudian campurkan dengan satu cangkir air dan rebus. Setelah mendidih, saring dan ramuan siap diminum. Sebaiknya minum dua kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan susu, gula, cengkeh atau kapulaga.

Ragi Beras Merah

Ragi beras merah mengandung senyawa monacolins yang dapat menghambat sintesis kolesterol. Sebenarnya ragi beras merah adalah beras yang yang difermentasi oleh ragi merah.

Selain itu, beberapa produk ragi beras merah mengandung lovastatin dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan efek samping. Cara terbaik sebelum mengonsumsi ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Jangan mengambil mengonsumsi ini saat hamil, menyusui atau ketika menderita masalah hati.

Daun Seledri

Selain sebagai pemberi aroma di berbagai olahan sup, daun Seledri dipercaya mampu menurukan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Di dalam daun ini, mengandung ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah.

Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri juga mampu membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah.

Daun seledri sangat baik dikonsumsi dalam bentuk jus dan diminum sebanyak 1 gelas setiap hari untuk menurunkan tekanan darah.

Kunyit

Bumbu dapur ini selalu ada di setiap dapur rumah tangga maupun dapur produksi olahan makanan. Karena khasiatnya yang bukan hanya sebagai penguat cita rasa dan pewarna makanan, tapi warna kuning pada kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat untuk menguras asam empedu.

Masakan yang mengandung kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kolesterol berlebihan. Sifat kunyit juga berguna untuk menekan pengaruh buruk dari lemak jenuh.

Jika ingin mengonsumsi santan, ada baiknya untuk mencampurkan bumbu kunyit ke dalamnya karena dapat menetralkan pengaruh buruk santan. Kunyit juga sangat enak bila direbus bersama dengan gula aren dan tambahan temulawak, resep ini dipercaya dapat memperbaiki kerja fungsi hati.

Daun Salam

Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masak juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Siapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Saring air rebusan daun salam dan konsumsi minuman tersebut saat malam hari. Daun salam dapat menurunkan kolesterol jahat dan juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Penulis : Amos Jakson
Editor : Redaksi
Foto : Istimewah

News Feed