by

Jelang Idul Adha, Ini Kondisi Stok Hewan Kurban di Luwu Timur

Penalutim.com, Luwu Timur – Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, menurut kalender tahun 2020 akan jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Luwu Timur, Penalutim.com menelusuri data terkait ketersediaan stok hewan kurban siap potong di tahun 2020 ini.

Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi Ternak, Frans Bungin, memaparkan kepada Penalutim.com Jumat (17/7/2020) terkait jumlah ternak sapi yang siap dipotong baik yang berasal dari milik masyarakat maupun pengusaha sapi yang ada di Luwu Timur.

“Untuk ternak sapi jantan yang siap dipotong itu sekitar 1.500 ekor. Dan sapi hibah pemerintah ke 22 kelompok binaan sebanyak 360 ekor,” ungkap Frans.

Frans juga menambahkan, bahwa kemungkinan terjadi penurunan dari segi kuantiti sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya. Itu merupakan hasil data yang dihimpun dari rumah pemotongan resmi tahun lalu. Kemudian jika dibandingkan dengan ketersediaan hewan kurban tahun ini, maka salah satu pemicu penurunan tersebut yaitu pandemi Covid-19.

Dari segi harga, tutur Frans, diperkirakan akan sama seperti tahun sebelumnya. Yaitu dengan kisaran harga 11-13 juta per ekornya, khususnya sapi akan menyesuaikan dengan bobot besarnya. Sedangkan untuk harga kambing di kisaran harga Rp1,2 – 2 juta per ekornya.

“Secara garis besar, wilayah Luwu Timur dapat dikatakan aman dari ketersediaan hewan kurban, untuk memenuhi kebutuhan daging dalam memasuki hari raya Idul Adha tahun 2020 ini,” tutup Frans.

 

Penulis : Amos Jakson

Editor : Ning Rahayu

Foto : Amos Jakson

News Feed