by

Badan Narkotika Nasional Musnahkan Barang Bukti Narkoba

Penalutim.co.id, Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) musnahkan barang bukti dari operasi pembarantasan tindak pidana narkoba ke-13 sepanjang tahun 2018.

Pemusnahan barang haram tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko, Deputi Bidang Pemberantasan BNN dan perwakilan pejabat Kejaksaan Agung RI di halaman parkir Kantor BNN Pusat, dibilangan Cawang, Jakarta Timur, Senin, (10/12/2018).

Menurut Kepala BNN Heru Winarko, narkoba yang dimusnahkan merupakan barang bukti dari kasus yang telah diungkap sejak November 2018.

“Hari ini BNN RI melakukan pemusnahan barang bukti narkotika yang ke-13 barang bukti yang dimusnahkan berasal dari enam kasus yang berbeda,” katanya.

Sebelum memusnahkan 48.928,16 gram shabu, 33.218 butir ekstasi, dan 229.770,20 gram ganja, Heru bersama dengan tim laboratorium BNN, dan Jaksa Agung melakukan pengetesan barang bukti guna memastikan kebenaran narkoba.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Arman Depari yang ikut melakuka tes mengatakan, sejumlah ekstasi asal Belgia yang memiiki keunikan tersendiri.

“Ini ada ekstasi bewarna merah. Coba lihat ada gambarnya apa? Ferarikan. Ada yang mau Ferari?” tanya Arman kepada awak media.

Selain itu, ia juga menyebutkan 2 jenis butir ekstasi yang juga memiliki gambar yang berbeda.

“Kalau yang kuning ini apa gambarnya, coba lihat? Gmbar burung, Twitie (tokoh kartun Looney Tunes berbentuk burung kenari kuning). Sama satu lagi ini tadi, warna biru. Ini gambar Ghosht, kaya apa itu? Oh iya, Casper,” ungkapnya.

Tidak lama setelah itu, Heru bersama Arman dan perwakilan Kejaksaan Aging membawa sejumlah paket narkoba tersebut ke mobil pemusnah yang sebagai incinerators untuk langsung dibakar.

Arman menyebut, pemusnhan barang bukti ke-13 kali ini menjadi capaian BNN terkhir dan telah melebihi target ditahun 2018 ini.

“Seperti rekan-rekan ketahui, biasanya kita jadwalkan satu kali dalam sebulan. Tapi ini sudah ke-13. Dari sana kita sudah bisa menyimpulkan bahwa hasil operasi kita yang dilakukan oleh BNN, beserta jajaran, beserta instansi terkait, sudah melibihi target,” tambah mantan Kapolda Kepulauan Riau itu.

 

Penulis : Riyo

Editor : Risal

Foto : Riyo

Comment

News Feed