Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik, Kinerja Pemprov. DKI Jakarta di Apresiasi Pemerintah Pusat

Nasional18 views

Penalutim.co.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta kembali menuai prestasi, kali ini dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (Nilai A). Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Menteri PANRB, Syafruddin, kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Balai Kartini, Jakarta (27/11/2018).

“Alhamdulilah hari ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mendapatkan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia. Kita nomor satu dari 32 provinsi dan ini adalah sebuah prestasi kerja luar biasa dari seluruh jajaran” jelas Gubernur Anies.

Adapun penghargaan tersebut diberikan atas amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana KemenPANRB memiliki kewenangan melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dengan tujuan sebagai percontohan bagi unit penyelenggaraan pelayanan publik dan Instansi Pemerintah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin sampaikan apresiasi bahwa ini bukan berarti kerja kita telah selesai. Justru ini tantangan untuk kita mempertahankan bahwa tahun ini kita mendapatkan yang terbaik. kita akan terus bekerja keras, kerja cerdas. Sehingga prestasi kita ini dapat terus lebih baik.” Ujar Gubernur Anies.

Lebih lanjut Gubernur Anies mengatakan bahwa tujuan dari Penyelenggara Pelayanan Publik di Pemprov DKI Jakarta bukan sekedar mendapatkan penghargaan. Beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Pemprov. DKI Jakarta hanya merupakan penanda saja.

“Tujuannya adalah masyarakat yang puas karena telah terlayani dengan baik. Ini menjadi penanda bahwa kita telah melayani dengan baik dan Insyaallah, kita akan terus meningkatkannya.” Tutur Gubernur Anies.

Pencapaian Bersama

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan bahwa pencapaian DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (Nilai A) merupakan apresiasi bagi seluruh Jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta yang telah bekerja tanpa lelah memberikan yang terbaik bagi warga Ibukota.

“Tentunya ini adalah hasil kerja tanpa lelah seluruh jajaran DPMPTSP dari tingkat Provinsi sampai tingkat Kelurahan dengan komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati memberikan pelayanan nyata bagi warga Ibukota” ujar Edy.

Lebih lanjut Edy menambahkan, seluruh penghargaan yang diraih oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tidak terlepas dari bimbingan para Pimpinan Daerah yang senantiasa telah menjadi mentor terbaik dalam ikhtiar mewujudkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada Gubernur, Sekretaris Daerah, dan Unsur Pimpinan Pemprov. DKI Jakarta telah menjadi mentor terbaik, dalam ikhtiar mewujudkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta. dan terima kasih warga Jakarta, tentunya seluruh pencapaian dan penghargaan yang berhasil diraih adalah pembuktian atas komitmen kita bersama bahwa urus izin sendiri itu mudah” tutup Edy

Sementara itu Menteri PANRB, Syafruddin mengatakan, pelayanan publik dewasa ini menuntut lebih supportif, mengutamakan kepuasan pengguna layanan (customer driven government). Idealnya, pemerintah harus berjalan seiring dengan kehendak publik, fokusnya digeser dengan menempatkan pelanggan sebagai pengemudi (putting the customer in the driver seat), sehingga masyarakatlah yang menentukan apa yang perlu dilakukan dan kemana arah kinerja pemerintahan ini dituju.

“Inilah marwah pemerintah yang melayani di era demokratisasi saat ini, pelayanan publik menjadi ruh-nya,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara penyampaian hasil evaluasi dan apresiasi pelayanan publik tahun 2018 di Jakarta, Selasa (27/11).

Menteri Syafruddin menegaskan bahwa esensi utama pelayanan publik adalah menjawab harapan dan keinginan masyarakat. Perubahan landscape pelayanan publik sejatinya ditujukan untuk memberikan pelayan prima / service excellent. Hal itu sebenarnya telah dikuatkan melalui bangunan regulasi yang kokoh, yakni Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Deputy Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Prof. DR. Diah Natalisa, MBA. menyampaikan apresiasi terhadap prestasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah berhasil meraih predikat Pelayanan Prima pada acara penyampaian hasil evaluasi dan apresiasi pelayanan publik tahun 2018.

“Selamat kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya DPMPTSP atas prestasi yang diraih. Tentunya ini merupakan hasil kerjasama dari seluruh internal DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Komitmen Pimpinan Daerah, dan juga apresiasi dari masyarakat” ujar Diah.

Lebih lanjut Diah menjelaskan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja terhadap penyelenggara pelayanan publik dilakukan Metode Penilaian yang sangat objektif, dengan melibatkan 3 pihak yang melakukan penilaian yaitu Self Assessment dari penyelenggara pelayanan publik, evaluasi dan observasi dari KemenPANRB sebagai penyelenggara, dan penilaian dari masyarakat selaku pengguna layanan publik.

“Kompilasi dari ketiga penilaian inilah yang menjadi index” ujar Diah.

Adapun menurut Diah, Prestasi Pemprov. DKI Jakarta melalui DPMPTSP yang mendapatkan nilai tertinggi atau Kategori Pelayanan Prima (A) tahun ini merupakan hasil dari penilaian yang sangat objektif, sesuai dengan instrument yang digunakan. Berbagai inovasi layanan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah mendapatkan apresiasi dari banyak pihak dan sebagai penyelenggara Mal Pelayanan Publik, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dinilai telah berhasil menyatukan seluruh pelayanan dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, BUMN, BUMD, dan swasta lainnya dalam satu tempat.

“Saya sangat berharap hal-hal positif yang ada di DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat menjadi contoh bagi pelayanan publik lainnya di Indonesia. Sekali lagi Selamat, telah menginspirasi pelayanan publik lainnya di Indonesia, Salam SETIA (red; Solusi, Empati, Tegas, Inovasi dan Andal) Melayani Jakarta” tutup Diah.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta terus menunjukkan kinerja positif dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang penanaman modal dan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di wilayah DKI Jakarta. Dalam kurun waktu satu tahun ini, kinerja DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah berkontribusi terhadap pencapain positif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tercatat lebih dari 10 penghargaan bergengsi di bidang pelayanan publik telah berhasil diraih baik dari Kementerian/Lembaga Pemerintahan Pusat maupun dari Lembaga Swasta yang kredibel di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Pemprov.DKI Jakarta melalui DPMPTSP meraih penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KemenkoPMK) dan Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi masuk dalam jajaran TOP 10 Nominasi Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018 Kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dari KemenPANRB.

 

Penulis : Ayu

Editor Risal

 

Comment