Kembangkan Energi Terbarukan, Kemenkop dan UKM Gandeng Perusahaan dari Korea Or-Vix

Pena Ekonomi39 views

Penalutim.co.id, Jakarta – Kebutuhan tenaga listrik di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan seiring perkembangan perekonomian dan pertumbuhan penduduk. Akibatnya konsumsi listrik juga semakin meningkat sehingga harus diantisipasi agar penyediaan tenaga listrik tersedia dalam jumlah yang cukup dan harga yang memadai.

Hadirnya teknologi tenaga listrik terbarukan yang memanfaatkan tenaga surya diharapkan lebih efisien dan hemat dan dapat digunakan sebagai pendukung atau backup dalam pemanfaatan kelistrikan. Apalagi teknologi ini bisa operasikan oleh UKM.

“Hadirnya teknologi hybrid dengan sumber energi sinar matahari ini merupakan peluang bagi kalangan KUMKM dan pelaku usaha baik sebagai pengguna sumber energi baru, maupun sebagai pengelola usaha kelistrikan,” kata Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir Damanik saat membuka sosialisasi energi terbarukan metode hybrid bidang kelistrikan dengan tema Sel Sustainable Power Generator, di Jakarta Rabu (28/11/2018).

Untuk itu Kemenkop dan UKM bekerja sama dengan perusahaan dari Korea Or-Vix, sebagai pemegang produk Jepang di Asia dan representative di Indoneisa dipegang oleh PT Tirta Utama Indonesia, dengan nama Sel Energy Sustainable Power Generator.

“Generator ini sangat baik, karena menggunakan sumber energy baru terbarukan dari sinar matahari dengan bentuk sangat compact serta dapat berpindah lokasi sewaktu-waktu,” jelas Damanik.

Sumber energi lstrik dari matahari ini tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia yang berarti peluang mengembangkan usaha kelistrikan dengan sumber energi matahari ini tentunya terbuka lebih luas.

Acara ini dihadiri oleh 25 Kementerian Lembaga, Lembaga Pembiayaan: BRI, BNI, Bank Mandiri, Bahana Arta Ventura Astra Financial. Asosiasi Perhimpunan Perhotelan dan restoran, Asosiasi Kawasan Industri, Asosiasi Rumah Sakit Daerah, perusahaan BUMN-swasta dan lain-lain.

Sementara itu Vice Presiden Or-Vix Mr Bum Jun Kim dalam sambutannya mengatakan, Sel Sustainable Power Generator ini akan dilaunching pada Januari 2018.

“Jadi akan kita launching pada acara Global Show di Jepang yang akan dihadiri oleh buyer dari berbagai negara,” kata Bum Jun Kim.

Salah satu kelebihan dari produk ini adalah tidak memerlukan tempat yang luas dan alatnya bisa dipindah-pindah. Alat ini bisa beroperasi selama 24 jam dalam satu tahun meski tanpa sinar matahari terus menerus, karena sinar matahari hanya dibutuhkan 1-2 jam saja bisa menggerakkan turbin 2-3 hari, karena solar selnya itu hanya untuk memanaskan air di dalam tangki yang menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin.

 

Penulis : Ayu

Editor : Risal

Foto : Ayu

Comment