by

Strategi Komunikasi Politik

Jakarta, Penalutim.co.id – Firmansyah  mengatakan strategi komunikasi politik sangat penting untuk dianalisis. Sebab, strategi komunikasi politik, tidak hanya menentukan kemenangan politik pesaing, akan tetapi juga akan berpengaruh terhadap perolehan suara partai. Manfaat Strategi komunikasi politik itu sendiri dapat memberikan beberapa manfaat melalui kegiatan taktiknya, yang mampu membangun dan menciptakan kekuatan melalui kontinuitas serta konsistensi. Sehingga, arah strategi komunikasi politik yang jelas dan disepakati bersama akan menyebabkan perencanaan taktis yang lebih mudah dan cepat untuk diwujudkan.

Sementara Menurut Arifin (2011; 236),  strategi komunikasi politik merupakan suatu keseluruhan keputusan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan saat ini, guna mencapai tujuan politik pada masa depan. Arifin juga mengatakan (236-241), bagi komunikator politik ada 4 hal keputusan strategis yang tepat dalam menyusun strategi komunikasi politik, anatara lain;  Merawat ketokohan, memantapkan kelembagaan politik, menciptakan kebersamaan dan membangun konsensus.

  • Merawat Ketokohan

Keberadaan seorang tokoh atau komunikator politik yang berkiprah di dalam lembaga atau partai politik yang dapat berkomunikasi dan mempengaruhi publik (masyarakat) untuk mendukung partai politiknya, serta citra diri dari lembaga atau partai politik ternama yang dipercaya akan memainkan peran-peran penengah dalam menerjemahkan aktivitas yang berlangsung dalam lingkungan politik ke dalam makna bagi publik (masyarakat) sebagai komunikan pemilih dalam pencapaian tujuan politiknya.

  • Memantapkan Kelembagaan Politik

Dalam dunia politik, lembaga politik itu dapat berupa partai politik, parlemen dan pemerintahan atau birokrasi. Lembaga juga memiliki karakteristik seperti manusia yang meliputi eksistensi, kepribadian dan aktivitas. Publik sangat mengahapkan hadirnya sebuah lembaga yang dapat mewadahi kepentingan dan kebutuhannya. Oleh sebab itu persepsi publik terhadap citra lembaga, sangat ditentukan oleh kegunaan lembaga itu bagi masyarakat.

  • Menciptakan Kebersamaan

Menciptakan kebersamaan antara komunikator politik yang mewakili partainya dengan publik (masyarakat)/ khalayak dengan cara memahaminya, menyusun pesan persuasif, menetapkan metode serta memilih dan memilah media.

  • Membangun Kosensus

Membangun kosensus di dalam dan di luar partai atau lembaga dalam melakukan kompromi ketika adanya suatu masalah untuk kesepakatan-kesepakatan dan bersedia membuka diri untuk kemajuan partai atau lembaga sebagai bagian dari strategi komunikasi politik. Dengan melakukan strategi komunikasi politik diharapkan dapat menarik simpati publik (masyarakat) sebagai komunikan atau pemilih dalam memberikan dukungan dan hak suara politiknya pada partai politik tertentu.

 

Penulis : Risal Mujur

Foto : apreklama

Sumber : 

Firmansyah Wan (2013) Strategi Komunikasi Politik, Partai persatuan pembangunan Kota PekanBaru dalam Meningkatkan elektabilitas Partai, UMJ.

Arifin Anwar (2011) Komunikasi Politik, Filasafat Paradigma Teori Tujuan Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Comment

News Feed