by

Kemenhub Lepas Mudik Gratis Sambut Libur Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018

Jakarta, Penalutim.co.id – Menyambut liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Jasa Raharja melepas keberangkatan peserta mudik gratis di Ancol, Sabtu (23/12). Mewakili Menteri Perhubungan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memimpin pelepasan keberangkatan peserta mudik gratis yang pertama kali dilaksanakan untuk libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Ini diselenggarakan untuk keseimbangan, mengingat pada mudik Lebaran kita telah menyelenggarakan secara masif dan kita coba tahun ini untuk angkutan Natal dan Tahun Baru,” tutur Dirjen Budi.

Dirinya berharap ke depannya penyelenggaraan mudik gratis ini dapat ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat akan semakin banyak yang mengetahui dan mengetahui adanya mudik gratis Natal dan Tahun Baru.

Dirjen Budi mengemukakan, pada prinsipnya kegiatan ini terselenggara datang dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam program Nawacita, dimana disebutkan bahwa pemerintah harus hadir saat dibutuhkan masyarakat.

Dirjen Budi juga meminta kepada para pengemudi untuk tidak mengebut dan terburu-buru mengejar waktu. “Hal yang paling penting adalah tiba dan kembali dengan selamat,” ujarnya.

Untuk penyelenggaraan perdana ini, ditambahkan Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana memilih tiga tujuan di Jawa Tengah.

“Pemilihannya yakni Solo, Yogyakarta, dan Semarang karena berdasarkan pengalaman mudik gratis angkutan Lebaran, tiga kota tersebut merupakan kota favorit (yang dipilih pemudik),” ungkap Cucu.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Budi menyatakan bahwa sosialisasi mudik gratis Lebaran 2018 akan dimulai sejak Januari mendatang.

Hal itu dilakukan agar masyarakat yang akan mengikuti mudik gratis dapat mendaftar lebih awal dan merencanakan lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan.

“Bagi pemudik gratis hari ini dan ingin mengikuti mudik gratis lebaran nanti, dapat sekaligus mendaftar sekalian,” kata Dirjen Budi disambut riuh tepuk tangan para peserta yang hadir.

Bahkan Dirjen Budi berkelakar bila pemudik mengikuti berturut-turut mudik gratis, 3-4 kali maka dapat sekaligus menjadi anggota (member).

“Januari sudah running dan saya minta untuk memasang spanduk di terminal-terminal dan area di Bekasi, Depok, dan pinggiran lainnya,” ungkapnya.

Dirjen Budi juga menyampaikan terima kasih kepada PT Jasa Raharja dan PT Jasa Raharja Putra atas kesuksesan penyelenggaraan mudik gratis Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

 

Pewarta : Risal

Editor : Redaksi

Photo : Kompas

Comment

News Feed