Diaspora Indonesia Serahkan Sumbangan ke Sekolah Terdampak Gempa di Aceh 

Aceh, Penalutim.co.id – Indonesian Diaspora Foundation (IDF) dan Indonesian Diaspora Network Amerika Serikat (IDN USA) telah menyerahkan sumbangan sebesar Rp 26 juta ke SMAN 1 Trienggadeng, Aceh awal minggu ini. Sekolah yang berlokasi di kabupaten Pidie Jaya tersebut merupakan salah satu sekolah yang paling parah terkena gempa bumi pada Desember 2016. Meski sudah setahun berlalu, beberapa ruang kelas dan fasilitas penunjang lainnya masih rusak, sehingga proses belajar mengajar sangat terganggu.

Kepala Sekolah SMAN 1 Trienggadeng Nilawati berterima kasih atas sumbangan dari IDF dan IDN USA untuk memperbaiki fasilitas sekolah. Nilawati mengatakan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk membangun kembali kamar mandi yang rusak akibat gempa. Pasalnya, pasca gempa hanya ada satu kamar mandi yang beroperasi di sekolah tersebut untuk 350 murid dan puluhan guru.

“Sangat kurangnya kamar mandi mengganggu kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, kami akan membangun kembali kamar mandi sehingga para murid tidak perlu antri terlalu lama dan telat masuk kelas,” ujar Nilawati, Rabu (20/12/2017) di Aceh.

Selain menyerahkan sumbangan, perwakilan IDF dan IDN USA juga bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful. Dalam pertemuan tersebut, Saiful mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh IDF dan IDN USA dan berharap adanya kerja sama lanjutan di bidang pendidikan antara pemerintah setempat dan organisasi diaspora tersebut. Kedua belah pihak sepakat untuk segera menjajaki kerja sama percepatan kemajuan pendidikan serta pendampingan alih teknologi guna meningkatkan mutu pendidikan di Pidie Jaya.

 

Penulis : Ahmad

Editor : Redaksi

Photo : –

Comment