Smesco Indonesia dan  Komunitas Designer Etnik  selenggarakan Smesco Designer Pareade 2017

Pena Ekonomi17 views

Jakarta, Penalutim.co.id – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) mendorong pertumbuhan industri fesyen dengan melaksanakan serangkaian seri kegiatan promosi dan pemasaran diantaranya menyelenggarakan Smesco Designer Parade 2017” dan “Smesco Year End Sale 2017” di  Smesco Indonesia, Selasa (19 /12/2017)

Smesco Designer Pareade 2017 merupakan kerjasama Smesco Indonesia dengan Komunitas Designer Etnik (KDEI) dalam rangka mempromosikan, memasarkan, dan upaya untuk mencintai dan bangga memiliki produk dan brand (merk) lokal anak bangsa. Acara ini juga disemarakan untuk meyongsong tahun baru “Year End Sale 2017” yang berlangsung dari tanggal 9 s/d 31 Desember 2017 di Smesco Indonesia.

Dalam perhelatan spesial akhir tahun 2017 ini Smesco Designer Parade 2017 menghadirkan 31 designer dalam 40 rancangan busana muslim dan konvensional mitra Smesco Indonesia, diantaranya: Raizal Boeyoeng Rais, Ida  Leman, Jenny Tjahyawati, Nina Nugroho, Nita Seno Aji, Erdan dan lain-lain.

Sebagaimana tema “Etnic”, para designer menghadirkan kekayaan ragam kain nusantara yang berasal dari: Sulawesi Selatan, Lurik, Tenun Tana Toraja, Tenun NTT, Batik Palembang, Sulaman Karawo, Kain Troso, Lurik Jawa Tengah, Ulos Batak, Songket Sumbar, Batik Palembang, Kain Baduy, Sulam Usus, Tapis Lampung, Tenun Lombok, Batik Garut, Kain Pare-pare, Kain Bali dan lain-lain.

“dari 14 sektor industri kreatif, bidang fashion menempati urutan ke dua setelah industry kuliner dalam hal berkontribusi terhadap PDB yaitu sebesar 18.15%” Ujar Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP-KUKM. Lebih lanjut, Emilia menjelaskan, pada tahun 2015 ekspor non migas mengalami penurunan, meski demikian sebaliknya ekspor ekonomi kreatif mengalami penguatan, industri fesyen tercatat menempati posisi pertama ekspor ekonomi kreatif yaitu 56%, diikuti oleh kriya 37%, kuliner 6% dan lainnya 1%.

“Smesco Designer Parade 2017 merupakan langkah strategis LLP-KUKM  untuk meningkatkan produktivitas daya saing pasar produk fesyen dan kain etnik nusantara di pasar domestik dan internasional dengan strategi peningkatan nilai tambah produk dan perluasan jangkauan pemasaran”.

Demikian Emilia menegaskan.  Lembaga Layanan Pemasran Koperasi dan UKM secara khusus akan menyasar pada kantung-kantung komunitas yang berbisnis pada sektor ekonomi kreatif, demikian Emilia menambahkan. Secara khusus tugas LLP-KUKM menerapkan kebijakan integrasi pemasaran dan sistim distribusi domestic maupun ekspor yang didukung pengembagan Smesco Designer Parade 2017 & Year End Sale 2017.

 

Penulis : Risal

Editor : Redaksi

Photo : Risal

Comment