Menteri Puspayoga : Kemenkop dan UKM Beri Pelatihan Bagi Pondok Pesantren

Pena Ekonomi27 views

Sukabumi, Penalutim.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM segera memberikan pelatihan bagi santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Masthuriyah di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pelatihan mencakup manajemen kewirausahaan dan perkoperasian.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga usai melakukan kunjungan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Masthuriyah di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kamis malam (24/8). Menteri Puspayoga diterima langsung pimpinan Ponpes KH Abdul Aziz Masturo dan segenap jajaran pengurus Ponpes.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat, Menteri mendapat penjelasan mengenai kegiatan para santri di Ponpes, termasuk dalam berkoperasi.

“Dari hasil bincang-bincang saya dengan pak Kyai, Kemenkop dan UKM akan memberikan pelatihan bagi para santri di Ponpes Al Masthuriyah. Kita akan mengembangkan dan menghidupkan kembali Koperasi Ponpes Al Masthuriyah,” kata Puspayoga.

Menteri menargetkan pelatihan segera dilakukan menjelang Lebaran Idul Adha ini. Untuk itu, lanjut Puspayoga, dirinya sudah memberi instruksi langsung ke jajarannya, khususnya Deputi Pengembangan SDM untuk segera terjun ke lapangan untuk merinci detail rencana pelatihan tersebut.

“Misalnya ada jenis pelatihan lain yang dibutuhkan selain perkoperasian dan manajemen kewirausahaan, itu tergantung dari pertemuan tim dari Kemenkop UKM dengan pihak Ponpes Al Masthuriyah,” kata Menteri Puspayoga.

Ponpes Al Masthuriyah berdiri sejak tahun1920, memiliki 2700 santriwan dan santriwati. Selain kegiatan belajar mengajar tentang Agama Islam, santri mendapat pelatihan budidaya lele. Wilayah Cibaraja Sukabumi merupakan sentra budidaya lele.

 

Penulis : Bima

Editor : Redaksi

Foto : Bima

Comment