Smesco Business Festival, Ajang Pertemuan Buyer dan Pelaku UKM

Jakarta, Penalutim.co.id – Smesco Business Festival 2017 resmi dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, pada Selasa (18/7/2017) di gedung Smesco Indonesia, Jl Gatot Subroto Kav 94 Jakarta. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memeriahkan 1 dasawarsa Smesco Indonesia.

Agus mengatakan Smesco Business Festival merupakan ajang pertemuan antara para buyer, baik dalam negeri maupun luar negeri dengan para pelaku UKM tanah air. Diharapkan dengan pertemuan ini akan terjadi transaksi penjualan produk UKM yang signifikan selama acara berlangsung, dan juga terjadi ikatan bisnis antar sesama.

“Pertemuan saja tidak cukup tapi perlu ada transaksi. Yang kami harapkan terjadi transaksi antara produsen dengan buyer tidak hanya di sini tapi juga ke depan,” kata Agus dalam sambutannya.

Hanya saja, Agus berpesan supaya bisa berdaya saing tinggi, para pelaku UKM diminta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Kemenkop UKM, katanya sudah menggulirkan berbagai program untuk memberikan kemudahan kepada pelaku UKM, seperti melalui standarisasi produk, Hak Cipta, dan sertifikat halal.

“Pa menteri harapan UKM benar-benar jaga kualitas produk, dengan standarisasi yang ada untuk bisa tingkatkan daya saing. Kami juga memberikan Hak Cipta kerja sama dengan Kumham, setifikasi halal juga,” tukas Agus.

Smesco Business Festival akan berlangsung dari 18-21 Juli 2017, dengan dihadiri ratusan para pelaku UKM dan koperasi dari berbagai daerah, para buyer lokal maupun luar negeri, reseller, stakeholders, perwakilan pemerintah daerah, serta kampus.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUMKM, Ahmad Zabadi mengatakan para peserta yang hadir akan mengikuti rangkaian acara antara lain, smesco exhibition, sport expo, seminar dan talkshow, festival kuliner dan smesco fashion show.

“Acara ini didukung oleh semua elemen di setiap daerah yang bergerak dan saling berkolaborasi dalam memberdayakan KUMKM,” ujar Zabadi.

Ia menambahkan dalam kegiatan yang digelar selama empat hari itu mengambil tema ‘Satu Dasawarsa Dedikasi Smesco untuk KUMKM di Indonesia’. Pada ajang inilah pihaknya memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produknya, berkarya, dan berkreasi.

“Kami berharap gelaran ini akan dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk tamu asing, media, pelajar dan mahasiswa, hingga komunitas-komunitas media sosial,” harapnya.

Zabadi mengungkapkan dalam 10 tahun ini Smesco Indonesia mampu memberikan peluang yang lebih besar kepada KUMKM di Indonesia untuk memasarkan produknya. Selain itu juga termasuk meningkatkan branding produk KUMKM di pasar yang lebih luas.

“Dengan begitu upaya ini bisa mendorong pada peningkatan perekonomian masyarakat baik di perkotaan dan pedesaan sekaligus menggalakkan Gerakan Kewirausahaan Nasional,” pungkasnya.

 

Penulis : Novita Dewi

Editor : Redaksi

Foto : Dewi

Comment