by

Profil Penalutim.com

Penalutim

Penalutim.com – Media yang diciptakan sebagai sebuah pendukung mutlak bagi tegaknya tiang demokrasi, merupakan sebuah keniscayaan berdasarkan perjalanan waktu dan kemajuan tekhnologi, yang membuat media menjadi terus tumbuh dan berkembang.

Dalam arus global yang semakin kompetitif, media perlu melakukan perubahan sesuai dengan tuntutan lingkungan dan zaman. Untuk itu, media perlu melakukan inovasi dan gerakan-gerakan perubahan untuk mencapai standar keunggulan. Media bukan merupakan bagian dari sistem demokrasi. Namun media dapat menjadi instrumen bagi berlangsungnya sistem demokrasi.

Media yang baik adalah media yang memiliki tujuan jelas (goals), yang utamanya ialah untuk kemaslahatan orang banyak (masyarakat Indonesia), yang dituangkan dalam visi dan misi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan cara untuk mencapainya, yang lazim disebut sebagai strategi.

Tujuan yang jelas serta upaya yang teratur dan tersistematis dalam mewujudkan visi, sebuah media harus melakukannya dengan konsistensi yang kuat. Bahwa tidak bisa dipungkiri, tujuan sebuah media sangat dipengaruhi oleh motivasi dasar pembentukan, status dan fungsinya dalam totalitas dimana ia berada.

Selain itu, dalam mengupayakan kemaslahatan, media dinilai penting untuk melakukan regenerasi. Mengingat generasi merupakan hal pokok dalam melanggengkan sebuah sistem dan upaya meneruskan visi perjuangan demokrasi, melalui industri media. Hal tersebut merupakan instrumen pendukung yang sangat dibutuhkan, dalam hal ini berkaitan dengan sumber daya manusia dan pendanaan.

Arus global yang semakin kompetitif, melakukan perubahan adalah sebuah kebutuhan mutlak. Namun, pengalaman empiris menunjukkan bahwa upaya perubahan tidak selalu berhasil. Untuk itu, perubahan yang dilakukan perlu dikelola dengan baik dan benar.

Penalutim adalah media  online yang dikeloalah PT. Pungsi Banne Putra Pratama. Penyebarannya melalui jaringan internet ke seluruh lapisan masyarakat mendapatkan informasi serta menyampaikan informasi, baik dalam negeri maupun luar negeri secara independen.

Kelahiran Penalutim, lahir dari hasrat putra daerah yang hendak membangun daerahnya, Luwu Timur yang terkemuka, agar ketertinggalan tidak lagi terlihat di Luwu Timur, khususnya dalam hal kebutuhan akan informasi dan eksplorasi daerah.
Penalutim berdiri pada tanggal 27 Agustus 2015 dan mulai mengudara pada 6 Juni 2016. Penalutim merupakan media daerah yang memiliki sifat nasional. Dengan demikian, maka sebuah langkah optimis dapat menjadi bekal bagi Penalutim untuk terus maju dan meraih kepercayaan masyarakat yang lebih luas. Sehingga tujuan Penalutim untuk dapat membantu mencerahkan masyarakat di dunia informasi akan dapat terwujud.

Meski Penalutim merupakan media yang menggadang nama daerah Luwu Timur, namun Penalutim juga berupaya konsisten untuk bisa menyajikan berbagai informasi nasional maupun internasional.

Selain itu, Penalutim juga memiliki jejaring sosial yang aktif diudarakan, yaitu facebook, twitter, Isntagram dan halaman yang sejauh ini menunjang sistem kerja Penalutim dalam memberikan informasi kepada publik.

Dengan semangat juang para pencetus dan Perintisn Penalutim bersungguh-sungguh untuk mengambil peran dalam membangun Indonesia khususnya Luwu Timur menjadi daerah terkemuka, yang disorot positif dari berbagai sudut oleh daerah-daerah lain di Indonesia hingga manca negara.

Penulis : Redaksi www.penalutim.com

Comment

News Feed