by

Tingkatkan Kedisiplinan Siswa, Pemerintah Lutim Luncuran Program Karatedo Untuk Sekolah

Luwu Timur, Penalutim.co.id – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga bersama Dinas Pendidikan Luwu Timur (Lutim) bekerjasama dalam mencetuskan program olahraga Karatedo yang diperuntukan bagi sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Malili, Wasuponda, Tomoni, dan Nuha, dan berbagai Kecamatan lainnya, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Program tersebut bertujuan untuk memperkenalkan para siswa tentang olahraga Karatedo, yang dapat memicu kedisiplinan dan memperkecil peluang kenakalan remaja.

Ketua DPRD sekaligus Ketua Dewan Guru dan V Inkado Lutim, Amran Syam mengatakan, program tersebut bukan hanya untuk sekolah di wilayah Malili, Towuti, dan Nuha, namun kedepan seluruh sekolah di Kabupaten Luwu Timur juga akan disentuh.

“Karena ini merupakan program Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pendidikan Lutim yang di sebut Karatedo masuk sekolah,” ujarnya pada acara peresmian pembukaan pencanangan pelibatan stakeholder dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga bela diri Karatedo di dunia pendidikan, di Malili, Minggu (21/05/2017).

Amran juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sangat baik untuk para siswa. “Tentu bagaimana mengajarkan kedisiplinan, kejujuran, semangat, etika dan sopan santun serta terhindar dari hal-hal buruk seperti kenakalan remaja antara lain mengunakan narkoba, miras dan lain-lain, yang sifatnya merusak lingkungan anak didik,” paparnya.

Lebih jauh Amran menegaskan, bahwa kedepan pihaknya akan membuat Event olahraga karate untuk meningkatkan keahlian siswa agar dapat mengikuti kejuaraan mewakili sekolah ataupun daerah.

“Sehat jasmani dan rohani berlatih karate dengan bersungguh-sungguh, semangat tekat disiplin dan kejujuran adalah tenaga dahsyat. Dalam filsafah karate adalah semangat Bushido, artinya petarung siri na pacce, keadilan dan kejujuran mengalir dengan sungguh-sungguh meraih juara dan prestasi tanpa pantang mundur,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan La Besse dan Kadis kebudayaan, Pemuda dan olahraga Hamris Darwis.

Dalam acara tersebut pula dilakukan ujian kenaikan sabuk turun Kyu Inkado Lutim, pelaksanaan pembentukan panitia pelaksana kejuaraan karate Luwu Timur open 2017, dan penyematan baju karate gib, serta pemberian penghargaan Sabuk DAN I oleh Ketua Dewan Guru dan V Inkado Lutim kepada Kadis Pendidikan dan Kadis Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Pewarta : Risal Mujur

Editor : Redaksi

Foto : Abang

Comment

News Feed